alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

1.300 Perantau Asal Sulsel di Papua Mengungsi

Syachrul Arsyad
1.300 Perantau Asal Sulsel di Papua Mengungsi
Warga antre menaiki pesawat milik TNI di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Sabtu (28/9/2019). Warga Wamena terus memadati bandara untuk meninggalkan Wamena pascakerusuhan pada Senin (23/9/2019). Foto: ANTARA

MAKASSAR - Kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, tidak hanya merenggut sejumlah korban jiwa, namun juga mengakibatkan ribuan warga mengungsi. Termasuk diantaranya warga asal Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Papua, Mansur menyebut, kondisi keamanan di Wamena sudah mulai kondusif. Pemerintah daerah setempat bersama TNI/Polri saat ini sedang melakukan pembersihan puing-puing pasca kebakaran penyebab kerusuhan.

“Wamena situasi sudah bagus kondusif. Aktivitas masyarakat sudah mulai sebagian di tempat-tempat yang terbakar. Jadi sudah aman dan terkendali, pembersihan eks puing-puing oleh aparat oleh TNI dan Polri dan pemda setempat,” tutur Mansur yang dihubungi SINDOnews melalui sambungan telepon.



Meski demikian, Mansur mengaku masuh banyak warga yang trauma akan kejadian disana. Disebutkan Mansur, sebanyak 1.300 warga Sulsel yang tinggal di Wamena dan sekitarnya mengungsi ke Jayapura sampai kondisi dianggap benar-benar kondusif.

“Warga kita yang turun di Jayapura karena masih trauma kurang lebih 1.300 ada di Jayapura, khusus warga KKSS saja. Dia turun lewat pesawat hercules dan pesawat Polri. Itu turun dari Wamena ke Jayapura,” kata dia.

Dia mengemukakan, warga Sulsel yang mengungsi tersebut kebanyakan anak-anak dan ibu-ibu. Selain karena mengungsi ke Jayapura, Mansur tak menampik jika ada juga yang sudah pulang ke kampung halaman mereka di Sulsel.

“Kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak mau pulang ke kampung begitu," tambah Mansur.

Selain masyarakat yang mengungsi, Mansur mengungkapkan kerusuhan di Wamena mengakibatkan 24 warga asal Sulsel meninggal dunia dan hilang.

Sekitar 10 korban meninggal telah disebut telah diterbangkan ke Sulsel untuk dimakamkan di kampung halamannya. Ada juga dimakamkan di Wamena dan Sentani, Jayapura.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook