alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wagub Pantau Langsung Evakuasi Warga Sulsel dari Wamena

Tri Yari Kurniawan
Wagub Pantau Langsung Evakuasi Warga Sulsel dari Wamena
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, berbincang dengan aparat keamanan di sela pemantauan langsung evakuasi warga dari Wamema. Foto: Istimewa.

JAYAPURA - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, didampingi Sekretaris Daerah, Abdul Hayat Gani, terbang ke Jayapura, Papua, Senin (30/9/2019). Keduanya memantau langsung penanganan evakuasi sekaligus menjemput warga Sulsel yang menjadi korban kerusuhan di Wamena.

Sudirman dan Hayat terlihat turun ke area landasan pacu untuk menjemput sejumlah warga Sulsel dalam gelombang evakuasi dari Wamena di Bandara Sentani. Evakuasi pertama tiba menggunakan pesawat Hercules sekitar pukul 09.27 WIT.

Evakuasi pertama dari Wamena membawa sebanyak 174 warga. Terdiri dari 124 orang dewasa, 37 anak dan 13 balita. Dari total ini, warga Sulsel bergabung dengan warga dari daerah lain. Sudirman menyebut kepada warga Sulsel itu, pihaknya menyampaikan langsung belasungkawa.



"Tujuan kami untuk menyampaikan langsung belasungkawa atas jatuhnya korban asal Sulsel dan untuk melihat langsung situasi terkini. Juga berkordinasi langsung dengan Forkopimnda untuk menjamin kemananan warga Sulsel di Papua,” kata Sudirman, dalam keterangan persnya.

Menurut dia, kerusuhan di Wamena maupun Papua secara umum, terjadi karena adanya oknum yang melakukan provokasi untuk memicu konflik. Kata dia, pemerintah tentunya tidak tinggal diam. Saat ini sudah ada jaminan keamanan yang diberikan dari aparat TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi Papua.

“Bersama Bapak Sekda, Kesbangpol, dan Dinas Sosial, kami menjamin kebutuhan warga Sulsel selama di pengungsian dan juga kami memberikan bantuan ke Kabupaten Wamena,” Jelasnya.

Lebih lanjut, Sudirman menyampaikan kehadirannya ke Papua bukan sekadar melihat kondisi warga Sulsel. Ia juga ingin memastikan penanganan persoalan ini bisa dituntaskan agar tidak terulang pada masa mendatang. Selain itu, pihaknya meyakinkan pengungsi bahwa Pemprov Sulsel akan berkoordinasi terus menerus dan meperhatikan warga Sulsel di perantauan.

“Kami ada di di tempat ini sebagai bentuk komitmen Pemprov Sulsel memperhatikan warganya di Papua atau di perantauan. kita memberikan jaminan keamanan yang layak bagi warga Sulsel," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook