alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Putra Mahkota Saudi Nilai Perang dengan Iran Akan Hancurkan Ekonomi Global

Agus Nyomba
Putra Mahkota Saudi Nilai Perang dengan Iran Akan Hancurkan Ekonomi Global
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS). Foto: Istimewa

WASHINGTON - Pemerintah Arab Saudi bakal memilih solusi politik ketimbang melakukan konfrontasi militer, untuk mengatasi persoalan serangan fasilitas minyak mereka yang diduga didalangi oleh Iran.

Hal itu disampaikan Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Ia memperingatkan dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu bahwa konfrontasi militer dengan Iran akan menghancurkan ekonomi global

Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan kepada program CBS yang berbasis di AS, 60 Minutes, bahwa harga minyak mentah dapat melonjak ke angka yang sangat tinggi jika terjadi konflik bersenjata.



"Wilayah ini mewakili sekitar 30 persen dari pasokan energi dunia, sekitar 20 persen dari bagian perdagangan global, sekitar empat persen dari PDB dunia (produk domestik bruto)," kata putra mahkota, yang juga dikenal sebagai MBS.

"Bayangkan ketiga hal ini berhenti. Ini berarti kehancuran total ekonomi global, dan bukan hanya Arab Saudi atau negara-negara Timur Tengah," katanya.

Dia mendesak dunia untuk mengambil tindakan kuat dan tegas untuk menghalangi Iran dan mencegah situasi semakin meningkat.

MBS juga mengatakan bahwa ia setuju dengan kesimpulan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bahwa serangan 14 September terhadap fasilitas minyak kerajaan adalah tindakan perang oleh Iran.

Amerika Serikat, kekuatan Eropa dan Arab Saudi juga menyalahkan serangan terhadap Iran.

Teheran membantah keras keterlibatannya, menuntut bukti, sementara kelompok bersenjata Yaman, Houthi, telah mengklaim bertanggung jawab.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook