alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PKB, PAN, dan PKS Siap Jadi Partai Pendukung Cakada di Toraja dan Torut

Muhaimin
PKB, PAN, dan PKS Siap Jadi Partai Pendukung Cakada di Toraja dan Torut
PKB, PAN, dan PKS tidak akan membuka penjaringan calon kepala daerah di Tana Toraja dan Toraja Utara. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) di Tana Toraja dan Toraja Utara (Torut), tetap percaya diri menghadapi Pilkada 2020. Meski kedua partai ini tidak memiliki kursi di daerah tersebut.

Wakil Sekretaris Desk Pilkada PKB Sulsel, Fauzi Andi Wawo mengatakan, partainya memang tak membuka penjaringan di Tana Toraja dan Torut. Meski begitu, partainya tetap akan berpartisipasi sebagai partai pendukung calon kepala daerah (Cakada) pada Pilkada 2020 mendatang.

“Kami sudah pasti tidak buka penjaringan. Tapi kami tetap akan ikut meramaikan Pilkada di sana. Kami kan punya kader di dua daerah ini,” kata Fauzi saat ditemui di Gedung DPRD Sulsel, kemarin.



Soal kriteria kandidat yang bakal didukung, Fauzi menyebutkan, partainya tak ingin terlalu cepat menentukan. Apalagi, pengurus DPC PKB di Toraja memiliki hubungan yang baik dengan sejumlah kader partai lain di sana.

“Kita akan dukung kandidat yang berpotensi menang. Apalagi kader kita di sana cukup berbaur dengan teman-teman dari partai lain di sana. Yang jelas, kami pasti akan berpartisipasi di Pilkada Tana Toraja dan Toraja Utara,” tandasnya.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Usman Lonta mengutarakan hal senada. Dia menegaskan partainya tak akan membuka tahapan Pilkada di Tana Toraja dan Torut.

“Bukan minim kursi, tapi kami memang tidak punya kursi di sana. Makanya untuk Pilkada 2020, kami tidak akan bukan pendaftaran atau penjaringan,” ucapnya, kemarin.

Kendati demikian, Usman Lonta menegaskan, PAN tetap akan berpartisipasi di Pilkada Tana Toraja dan Torut. Meski partainya tak memiliki kursi di dua daerah tersebut. PAN kata dia, akan menjadi pendukung Cakada. Namun tetap, partainya akan mempertimbangkan jika kandidat tersebut yang meminta langsung.

“Kami tidak akan tawarkan dukungan ke bakal calonnya. Tapi kami di PAN akan menunggu kandidat tersebut untuk meminta dukungan kami. Jangan sampai kami menawarkan diri, lantas dia tidak mau, kan jadi malu,” ketus anggota DPRD Sulsel ini.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PKS Sulsel, Sri Rahmi menegaskan, kader partainya siap bekerja. Mereka kata Rahmi, menunggu instruksi untuk digerakkan dalam mendorong penuh kandidat yang didukung oleh PKS.

“Kami punya pengurus di sana. Otomatis kami juga punya mesin politik. Sehingga, nantinya di Pilkada Tana Toraja dan Toraja Utara, mereka siap untuk bekerja,” katanya saat dikonfirmasi, kemarin.

Ketua Fraksi PKS DPRD Sulsel ini menyebutkan, pihaknya belum menentukan apakah akan membuka penjaringan di Tana Toraja atau Torut. Namun demikian, PKS akan mengusung kandidat yang bisa menjaga komitmen dengan partai.

“Kita kemungkinan tetap membuka penjaringan. Atau jika tidak dibuka, pengurus bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan kandidat yang akan bertarung. Saya rasa, itu lebih efektif,” tandasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook