alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Papua Jamin Keamanan Warga Sulsel di Wamena

Tri Yari Kurniawan
Gubernur Papua Jamin Keamanan Warga Sulsel di Wamena
Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan pemerintah dan TNI Polri menjamin keamanan seluruh warga di Wamena, termasuk pendatang dari Sulsel. Foto: SINDOnews.

JAYAPURA - Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyatakan pemerintah dan TNI-Polri siap menjamin keamanan seluruh warga di Wamena pasca-tragedi berdarah yang menewaskan puluhan orang. Jaminan keamanan diberikan bukan hanya kepada warga asli Papua, tapi juga warga pendatang, termasuk dari Sulsel.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Lukas saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, di Gedung Negara, Papua, Senin (30/9/2019). Pertemuan itu membahas penanganan dan pemulihan pasca-kerusuhan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lukas juga menyampaikan agar tidak mudah terpancing berita bohong alias hoaks dan isu-isu provokasi. Ditegaskannya, pemerintah dan TNI-Polri bekerja keras dan berusaha memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh warga, termasuk dari Sulsel.



“Jangan percaya hoax yang beredar, yang menghasut dan mengadu domba. Kami terdepan melindungi warga kami di Wamena, baik warga asli maupun warga pendatang, termasuk dari Sulsel,” ungkap dia, dalam keterangan persnya, Selasa (1/10/2019).

Lebih lanjut, ia mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang memberikan perhatian besar kepada Papua. Hal itu dibuktikan dengan atensi pemerintah daerah dalam memperhatikan keamanan warga Papua yang berdomisili di Kota Makassar. Ia berharap seluruh konflik bisa segera diakhiri.

Kepedulian itu pun kembali terlihat saat Wagub Sulsel dan Sekda Sulsel berkunjung ke Papua. Selain untuk mengecek kondisi warga Sulsel di Wamena juga menyampaikan belasungkawa dan melihat kejadian di lapangan.

“Kami juga ucapkan terima kasih atas perhatian Pemprov Sulsel dengan tim yang dipimpin langsung oleh Wagub Sulsel, datang langsung melihat yang terjadi di lapangan,” ujar Gubernur Lukas.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan dalam pertemuan itu pihaknya berkoordinasi serta membahas penanganan dan pemulihan korban pasca-kerusuhan di Wamena. Seperti halnya Gubernur Papua yang menjamin keamanan warga Sulsel, pihaknya juga menjamin keamanan warga Papua di Sulsel.

“Melalui pertemuan ini, Gubernur Papua merencanakan dengan baik penanganan pasca konflik dan rekonstruksi kembali Wamena,” pungkas Sudirman.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook