alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Darije Bicara Soal Buruknya Performa PSM Makassar di Laga Tandang

Muhaimin
Darije Bicara Soal Buruknya Performa PSM Makassar di Laga Tandang
Pelatih PSM Makassar, Dariza Kalezic dalam sesi press conference jelang menghadapi Arema FC di stadion Kanjuruhan. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic mengakui buruknya catatan pertandingan tandang anak asuhnya selama mengarungi Liga 1 2019. Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat Juku Eja belum sekalipun menyicipi kemenangan di markas lawan.

"Kita bukan cuma dua kali kalah di laga away, kita punya rekor (buruk) di away, mulai di awal musim," ucap Darije saat sesi jumpa pers jelang laga menghadapi Arema FC di stadion Kanjuruhan, Selasa (1/10/2019).

Menurut Darije, faktor-faktor yang membuat PSM Makassar belum pernah menang di pertandingan tandang, ada yang bisa dia selesaikan, tapi ada pula yang tidak. Salah satu faktor yang tidak bisa Darije selesaikan, adalah faktor dari dalam diri pemain.



"Pengalaman saya, apa yang paling penting adalah sebarapa besar keinginanmu untuk memenangkan pertandingan tersebut. Itu yang penting. Jika kamu tidak cukup berkeinginan untuk menang, maka kamu tidak akan menang," sebut Darije.

Dari pengamatannya, Darije menyebut jika kondisi yang dialami PSM Makassar juga terjadi di tim lain Liga 1 2019.

"Dari pengalaman yang saya perhatikan, bukan hanya tim saya, tim lain punya kecendrungan tidak memiliki keinginan untuk menang di pertandingan away, dan ini sesuatu yang ingin saya ubah kedepannya," sambung dia.

Faktor lainnya kata Darije, tim-tim saat ini punya keinginan untuk mendapatkan poin saat berlaga di hadapan pendukung sendiri. Termasuk tim papan bawah.

"Kalian lihat, terutama di putaran kedua, banyak klub yang berjuang, termasuk tim di papan bawah. Mereka berjuang untuk mendapat poin. Jadi skill teknik tidak cukup untuk mengalahkan tim ini, yang kamu butuhkan keinginan memenangkan pertandingan," pungkas Darije.

Sekadar diketahui, PSM Makassar memang belum pernah menang saat melakoni laga tandang dalam pertandingan Liga 1 2019. Dari sembilan laga tandang, PSM Makassar menelan enam kekalahan dan tiga hasil imbang.

Kekalahan-kekalahan itu diderita PSM Makassar saat menantang tuan rumah Madura United (0-2), Bali United (0-1), Borneo FC (0-2), PS Sleman (2-3), Semen Padang (1-2), kemudian terakhir Persipura Jayapura (1-3) sore tadi, Jumat (27/9/2019).

Sementara tiga pertandingan tandang lainnya, PSM Makassar meraih tiga kali hasil imbang. Yakni saat menantang Tira Persikabo (0-0), Persija Jakarta (0-0), dan Perseru Badak Lampung (1-1).



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook