alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Gowa Perketat Pengawasan ASN Jelang Pilkada 2020

Herni Amir
Bawaslu Gowa Perketat Pengawasan ASN Jelang Pilkada 2020
Ketua Bawaslu Sulsel Samsuar Saleh saat melakukan penandatanganan NPHD bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: SINDOnews/Herni Amir.

SUNGGUMINASA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gowa akan memperketat pengawasan terhadap seluruh aparatur sipil negara atau ASN menjelang Pilkada 2020 mendatang. Pengawasan ASN menjadi salah satu fokus Bawaslu pada pesta demokrasi.

Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh, mengatakan pihaknya akan memperhatikan setiap gerak-gerik ASN apabila sudah masuk ke ranah politik. Hal itu dilakukan untuk menjaga netralitas ASN dalam melayani masyarakat.

"Untuk tahun ini pengawasan akan lebih difokuskan kepada ASN di wilayah Kabupaten Gowa. Tujuannya agar mereka tidak terlibat banyak pada proses pilkada nantinya," ungkapnya, Selasa (1/10/2019).



Sebelumnya sebanyak lima ASN lingkup Pemkab Gowa dikenakan sanksi dari KASN karena terlibat politik praktis. Sanksi tersebut berawal dari laporan Bawaslu Gowa yang ditembuskan ke KASN, beberapa waktu lalu. kelima ASN tersebut diberi sanksi sedang karena tidak netral pada Pemilu 2019 lalu.

Sanksi yang diberikan berupa hukuman disiplin sedang yakni penundaan kenaikan gaji dan kenaikan pangkat secara berkala dalam kurun waktu satu tahun.

Sementara itu, Pemkab Gowa sendiri telah memberikan dana hibah kepada Bawaslu Gowa sebesar Rp12.018.430.000 yang diserahkan langsung oleh Bupati Adnan Purichta Ichsan pada Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemkab Gowa dengan Bawaslu dan KPU Kabupaten Gowa.

Hibah tersebut diberikan dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada Gowa tahun depan. "Sesuai tugas dan tupoksi, Bawaslu akan selalu mengawasi seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa agar selalu sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," tegasnya.

Samsuar berjanji anggaran hibah ini akan digunakan sepenuhnya untuk tahapan pengawasan pada proses Pilkada 2020 nanti. "Dana ini akan kita maksimalkan untuk mengawal jalannya pemilihan Bupati Gowa tahun mendatang," ungkapnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook