alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot dan KPU Sepakati Anggaran Pilwalkot Makassar 2020 Senilai Rp78 M

Luqman Zainuddin
Pemkot dan KPU Sepakati Anggaran Pilwalkot Makassar 2020 Senilai Rp78 M
Pj Wali Kota Makassar bersama Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi usai penandatanganan NPHD Pilwalkot Makassar, Selasa (1/10/2019). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan KPU akhirnya menyepakati anggaran Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020 mendatang senilai Rp78 miliar. Kesepakatan itu dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang diteken Selasa (1/9/2019) malam.

Komisioner divisi teknis penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar menyampaikan, nilai yang disepakati tersebut sebenarnya cukup jauh dari pengajuan awal. Di mana saat itu, KPU Makassar mengajukan permohonan Rp96 miliar ke Pemkot Makassar.

"KPU Makassar sudah melakukan penyesuaian dan pengurangan dari jumlah pengajuan awal Rp96 M menjadi Rp78 M. Dengan memangkas biaya sosialisasi dari semula Rp10 M menjadi Rp3 M, menghilangkan anggaran PSU yang sebenarnya sangat krusial, mengurangi jumlah TPS, dan memotong anggaran pencalonan," jelas Gunawan lewat keterangan tertulisnya.



Meski ada pengurangan anggaran pada sejumlah kegiatan, namun menurut Gunawan, pihaknya tetap mempertahankan anggaran yang elementer, yang tidak bisa dikurangi karena bisa berdampak pada kualitas penyelenggaraan Pilwalkot. Seperti di data, penyelenggaraan teknis, serta logistik.

"Misalnya mengurangi anggaran dan kuantitas Bimtek di tingkat PPS dan KPPS bisa berdampak pada lemahnya pemahaman penyelenggara adhoc. Atau memangkas biaya pemuktahiran data yang bisa berimbas pada efektifitas petugas lapangan. Begitu pula dengan mengurangi biaya logistik berpengaruh pada ketersediaan dan kualitas logistik," urai Gunawan.

Gunawan menyampaikan, dari jumlah Rp78 miliar tersebut, porsi terbesar mengalir pada honorarium penyelenggara adhoc, sekitar Rp20,9 miliar. Lalu pengadaan dan distribusi logistik sekitar Rp8 miliar, sosialisasi Rp3 miliar, dan pemutakhiran data Rp5,5 miliar.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook