Gubernur Sulsel Kunjungi Tana Beru, Desa Asal Lahirnya Kapal Pinisi

Kamis, 04 Februari 2021 - 15:25 WIB
loading...
Gubernur Sulsel Kunjungi Tana Beru, Desa Asal Lahirnya Kapal Pinisi
Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah mengunjungi lokasi pembuatan kapal pinisi di Tana Beru, Kabupaten Bulukumba. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
BULUKUMBA - Gubernur Sulsel , HM Nurdin Abdullah melakukan kunjungan di Tana Beru, Kelurahan Tana beru, Kabupaten Bulukumba. Tana Beru merupakan desa di mana kapal tradisional masyarakat Bugis Makassar, pinisi dibuat.

Kedatangannya di Tana Beru ia lakukan di sela-sela kunjungan kerjanya di kabupaten berjuluk Panrita Lopi tersebut, Kamis (4/2/2021).



Nurdin mengatakan, kapal pinisi memiliki nilai historis yang tinggi. Kapal ini juga banyak dipesan oleh berbagai negara dengan harga miliaran. Bahkan banyak beroperasi di daerah wisata Indonesia. Nurdin berharap, daerah wisata di Sulsel juga menggunakan kapal ini.

"Kapal ini asli Bulukumba," kata Nurdin Abdullah .

Nurdin bilang, pembuatan kapal pinisi di Bulukumba adalah potensi yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Infrastruktur di lokasi pembuatan kapal pinisi ini kata dia harus dihadirkan dengan baik.

"Di Mandala Ria sudah hadir toilet yang bagus, akses jalan yang bagus dan ruang serbaguna. Semoga ini bisa digunakan dengan baik," sebutnya.

Nurdin juga menanyakan kendala apa yang dihadapi oleh para pembuat kapal, salah satunya, Rusdi Mulyadi yang akrab disapa Haji Ulli, yang saat ini tengah mengerjakan lima kapal.



Dalam kesempatan itu, Ulli meminta agar pemerintah memberikan dukungan dengan mempermudah material bahan pembuatan kapal masuk ke Sulsel. "Kami cuma minta dukungan pemerintah untuk mempermudah masuknya material. Material dari Kendari," pinta Ulli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6071 seconds (0.1#10.140)