alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Minta Air Bendungan Bayang-bayang Dimanfaatkan dengan Baik

Eky Hendrawan
Dewan Minta Air Bendungan Bayang-bayang Dimanfaatkan dengan Baik
Anggota DPRD Bulukumba saat meninjau bendungan Bayang-bayang yang kerap dikeluhkan warga. Foto: Istimewa

BULUKUMBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melaporkan kondisi Bandungan Bayang-bayang yang selama ini banyak dikeluhkan para warga Kecamatan Gantarang akibat kekeringan.

Kepastian pengusulan koordinasi anggaran tersebut dipastikan Ketua DPRD Bulukumba, Rijal saat melakukan peninjauan langsung bersama sejumlah anggota DPRD dilokasi bendungan bersama pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba, Rabu, (2/10/2019).

"Bendungan Bayang-bayang kita sudah pantau langsung kondisinya akan segera dilaporkan ke dinas terkait. Karena kondisi ini memang karena faktor alam jadi debit air yang kurang," kata Rijal.



Rijal mengatakan bahwa debit air untuk dibagi ke ribuan hektare sawah di Kecamatan Gantarang sedikit mencukupi. Sehingga pemerintah setempat dalam hal ini Desa dan Kecamatan disarankan untuk melakukan musyawarah agar pembagian air dapat dilakukan dengan merata.

"Tapi kalau kita lihat tadi kondisi airnya, masih bisa untuk digunakan petani mengairi sawah. Sisa pola pembagiannya saja yang harus dimanfaatkan dan musyawarahkan yang dimediasi oleh pemerintah setempat," harapnya.

Terkait perbaikan bendungan yang dianggap belum belum maksimal, Rijal memastikan akan tetap mengawal agar bendungan Bayang-bayang bisa mendapatkan anggaran peningkatan mutu yang lebih maksimal.

"Di sana membutuhkan pintu air agar pengairan air bisa dikontrol dengan baik. Jadi kita tetap akan anggarkan dan koordinasikan dengan pihak provinsi dan balai agar sama-sama memikirkan hal ini," ungkapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook