alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemerintah AS Setuju Jual 150 Rudal Anti-Tank kepada Ukraina

Victor Maulana
Pemerintah AS Setuju Jual 150 Rudal Anti-Tank kepada Ukraina
Pemerintah AS setuju menjual 150 rudal anti-tank kepada Ukraina. Foto/Ilustrasi/defence-blog via militermeter.

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan menyetujui usulan penjualan 150 rudal anti-tank 'Javelin' kepada Ukraina. Hal itu dikonfirmasi oleh Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) yang menyatakan Kementerian Luar Negeri AS setuju menjual senjata ke Ukraina dengan nilai kontrak mendekati USD40 juta.

"Pemerintah Ukraina telah meminta untuk membeli 150 rudal Javelin dan 10 Unit Peluncuran Komando Javelin (CLU)," kata DSCA dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (4/10/2019).

"Hal ini juga termasuk perangkat pelatihan, transportasi dan peralatan pendukung dengan perkiraan biaya tidak melebihi USD 39,2 juta," sambungnya dan menuturkan pihaknya telah mengirimkan pemberitahuan sertifikasi yang diperlukan kepada Kongres.



Penjualan terbaru itu terjadi di tengah tuduhan oleh Partai Demokrat AS bahwa Presiden Donald Trump menahan bantuan militer kepada Kiev. Hal itu dilakukan guna memaksa Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden dan putranya Hunter Binder, atas tuduhan yang menjadi dasar upaya DPR AS untuk memakzulkan Trump.

Partai Republik berpendapat bahwa saat menjadi Wakil Presiden, Biden mengancam akan menahan bantuan militer AS ke Ukraina jika Kiev tidak menghentikan penyelidikan korupsi perusahaan energi Ukraina yang dipimpin oleh Hunter.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook