alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terungkap! Kerusuhan di Wamena atas Instruksi Benny Wenda

iNews.id
Terungkap! Kerusuhan di Wamena atas Instruksi Benny Wenda
Tokoh separatis Papua, Benny Wenda, disebut menjadi dalang kerusuhan yang menewaskan puluhan orang di Wamena. Foto: Istimewa.

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, mengungkapkan tokoh separatis Papua, Benny Wenda, sebagai sosok di balik terjadinya kerusuhan di Wamena. Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) itu yang memberikan instruksi terkait aksi rusuh di Wamena yang menewaskan puluhan orang.

Mantan Panglima ABRI ini menyebut Benny memerintahkan kelompok bersenjata di Wamena untuk melakukan penyerangan kepada para pendatang di wilayah tersebut. Benny yang kini menetap di Inggris juga menugaskan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi provokasi dan kerusuhan di wilayah Wamena.

"Mereka (KKB) itu kan dapat instruksi langsung dari Benny Wenda untuk menyerang pendatang dan lakukan kerusuhan di kota-kota,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).



Wiranto menyebutkan serangan yang selama ini terjadi di Wamena dilakukan KKB. Dia memastikan polisi masih terus melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut. "Nanti kepolisian yang akan jelaskan ya."

"Sedang terus kejar siapa yang melakukan aksi-aksi seperti ini. Aksi provokasi dan sebagainya. Tapi serangan-serangan itu kan kemarin dilakukan oleh KKB, kelompok bersenjata mereka," sambung Menko Polhukam.

Wiranto juga menyebut saat ini pemerintah tengah fokus untuk menyembuhkan trauma warga Wamena. Mantan ketua umum Partai Hanura ini mengatakan pemerintah dan tokoh adat akan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.

"Yang terpenting adalah kita segera bisa menetralisir trauma itu menjamin keamanan masyarakat kemudian juga ada jaminan dari para tokoh-tokoh adat, tetua-tetua adat yang ada di sana agar masyarakat ini tidak pergi ke daerah lain," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Papua menetapkan tujuh tersangka kasus kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Ketujuh orang tersebut diduga kuat menjadi pelaku perusakan dan pembunuhan terhadap 33 warga saat demonstrasi anarkistis hingga berujung kerusuhan, Senin (23/9/2019) lalu di Kota Wamena.

Tindakan anarkistis itu juga mengakibatkan ratusan korban luka-luka hingga membuat beberapa warga mengungsi ke Jayapura. Para tersangka ini merupakan mahasiswa dan warga yang diduga otak tindakan anarkistis pada demo tersebut.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook