alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Realisasi Pajak Daerah di Sulsel Tembus Rp2,26 Triliun

Tri Yari Kurniawan
Realisasi Pajak Daerah di Sulsel Tembus Rp2,26 Triliun
Bapenda Sulsel catat realisasi pajak daerah hingga triwulan III/2019 sudah menembus Rp2,26 triliun. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel mencatat kinerja positif terkait penghimpunan pajak daerah. Hingga sembilan bulan atau triwulan III tahun ini, realisasi pajak daerah menembus Rp2,26 triliun atau sekitar 70,73 persen dari target perubahan sebesar Rp3,71 triliun.

Kepala Bapenda Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman, mengungkapkan pihaknya optimistis mencapai target pajak daerah tahun ini, meski ada penambahan target pajak sebesar Rp32,21 miliar pada APBD Perubahan 2019. Toh, realisasi pajak sejauh ini cukup signifikan.

Sumardi berujar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penerimaan pajak tahun ini meningkat Rp273,8 miliar atau ada kenaikan 11,64 persen. Peningkatan terbesar bersumber dari pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).



“Peningkatan PKB dan BBNKB terjadi karena adanya perbaikan regulasi dan penegakan aturan dalam mengelola PKB dan BBNKB di bawah pendampingan Tim Korsupgah KPK,” kata Sumardi, dalam keterangan persnya.

Peningkatan realisasi penhimpunan pajak daerah, ia menyebut sangat terbantu berkat pendampingan KPK ditambah lagi adanya dukungan Polda Sulsel dan Jasa Raharja. Olehnya itu, ia berharap tim koordinasi dan supervisi pencegahan (Korsupgah) KPK dapat terus melakukan pendampingan penagihan pajak pada Bapenda Sulsel.

"Kami mengapresiasi Tim Korsupgah KPK, yang terus melakukan pendampingan penagihan pajak pada Bapenda Sulsel. Kami harap pendampingan ini terus dilakukan untuk membantu petugas melakukan penagihan pajak daerah," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook