alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

24 Wakil Sulsel di DPR RI Ditutut Memobilisasi APBN ke Sulsel

Muhaimin
24 Wakil Sulsel di DPR RI Ditutut Memobilisasi APBN ke Sulsel
Pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luhur Andi Priyanto. Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Sebanyak 24 wakil Sulsel di DPR RI telah dilantik, 1 Oktober lalu. Di tangan merekalah disandarkan program nasional lewat anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) periode 2019-2024 mengalir ke Sulsel.

Pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Luhur Andi Priyanto berharap, legislator asal Sulsel periode 2019-2024 benar-benar berjuang di Senayan. Tidak mementingkan kepentingan pribadi, namun benar-benar untuk memajukan pembangunan Sulsel.

“Wakil rakyat Sulsel di DPR RI tentu saja harus optimal berjuang untuk kepentingan konstituen. Dengan berbagai keahlian dan basis politik, mereka harus bertarung memperebutkan sumber daya nasional untuk dibawa ke Sulsel,” jelasnya.



Karena itu kata dia, selain harus kompak dan satu perjuangan dengan seluruh legislator asal Sulsel, mereka juga harus bekerja sama dengan pemerintah daerah di Sulsel.

“Kita tuntut untuk bekerja sama dengan pihak pemerintah dalam memobilisasi alokasi APBN ke wilayah ini,” kata dia.

Luhur menyebutkan, kalau misalnya dianggap bahwa kebutuhan Sulsel di bidang pembangunan infrastruktur. Maka kata dia, sebaiknya anggota DPR RI dari Sulsel bisa bertarung di komisi V untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur multi-tahun yang masih terkendala di wilayah ini.

Lebih jauh Luhur menyebutkan, anggota DPR RI harus terampil memainkan politik anggaran yang mendukung pembangunan daerah. Tanpa kemampuan berperan di politik anggaran, kata dia, maka anggota DPR RI akan kehilangan kesempatan untuk memobilisasi belanja negara atau APBN ke Sulsel.

Dalam hal fungsi legislasi dan pengawasan, Luhur meminta anggota DPR RI asal Sulsel berperan aktif dalam memainkan strategi politik yang menentukan setiap kebijakan kepada kepentingan rakyat.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook