alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kesaksian 2 Jurnalis: Korban Dikeroyok Oknum Berseragam Polisi

Faisal Mustafa
Kesaksian 2 Jurnalis: Korban Dikeroyok Oknum Berseragam Polisi
Jurnalis Berita ANTARA, Muhammad Darwin yang menjadi korban kekerasan aparat. Foto : SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Dua orang saksi kasus kekerasan terhadap tiga jurnalis di Makassar, dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik Subdit I Keamanan Negara, Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel, Senin (07/10/2019).

Kedua saksi yakni Muhammad Nur, jurnalis dari TV One dan Taufiq Lau, jurnalis dari Metro TV diperiksa selama tiga jam.  "Kami berharap pihak kepolisian bekerja secara profesional karena semua bukti foto dan rekaman sudah kami serahkan semua, tinggal polisi bekerja menuntaskannya," tegas Tim advokasi hukum LBH Pers Makassar yang mendamping para saksi, Abdul Kadir Wokanubun.

Sementara itu Taufiq Lau, jurnalis dari Metro TV mengaku saat pengeroyokan jurnalis Berita Antara, M Darwin Fatir, yang dilakukan oknum aparat kepolisian, dirinya telah berteriak bahwa yang bersangkutan adalah wartawan.



Kata Dia, tidak hanya melakukan tindakan penganiayaan, polisi saat itu juga melakukan tindakan menghalang-halangi jurnalis dalam memperoleh infomasi sebagaimana diatur dalam pasal 18 ayat 1 Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Hal senada juga disampaikan saksi Muhammad Nur dari TV One yang mengaku ada di lokasi kejadian saat rekannya sesama jurnalis dianiaya.

"Saya menjelaskan apa adanya dan fakta kejadian, saat itu melihat korban dikeroyok dipukul oleh oknum berseragam polisi, dan berusaha merelai bahwa itu wartawan. Namun, tetap mendapat kekerasan," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook