Ilmuwan Israel Sebut Ada Penurunan Infeksi karena Vaksin COVID-19

Sabtu, 06 Februari 2021 - 12:34 WIB
loading...
Ilmuwan Israel Sebut Ada Penurunan Infeksi karena Vaksin COVID-19
Ilmuan di Israel menyebut ada penurunan infeksi karena vaksin Covid-19. Foto: Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Peneliti di Israel melihat tanda-tanda efektivitas vaksin untuk mencegah COVID-19 , membantu mengekang infeksi dan rawat inap diantara orang tua, hampir 6 pekan setelah suntikan dilakukan pada kelompok tersebut.

Negara tersebut adalah yang pertama merilis data yang menunjukkan vaksin bekerja dalam kelompok besar orang, menyusul berita dua pekan lalu bahwa suntikan tampaknya mengurangi infeksi pada individu yang divaksinasi.

Hampir 90% orang yang berusia 60 tahun ke atas di negara ini telah menerima dosis pertama vaksin 2 dosis Pfizer sejauh ini. Sekarang, data yang dikumpulkan oleh Kementerian Kesehatan Israel menunjukkan bahwa ada penurunan 41% dalam infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi pada kelompok usia itu, dan penurunan 31% dalam rawat inap dari pertengahan Januari hingga awal Februari 2021.



Sebagai perbandingan, untuk orang yang berusia 59 dan lebih muda -lebih dari 30% telah divaksinasi- kasus turun hanya 12% dan rawat inap sebesar 5% pada waktu yang sama. Angka tersebut didasarkan pada analisis sekitar seperempat juta infeksi COVID-19 .

“Apa yang kami lihat di sini adalah tanda-tanda awal dan sangat menggembirakan bahwa vaksin itu berhasil pada populasi,” kata Florian Krammer, ahli virus di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York City, seperti dilaporkan Nature.com.

Penurunan jumlah kasus dan rawat inap mungkin tidak hanya karena vaksin. Pada bulan Januari, pemerintah setempat memberlakukan penguncian nasional sebagai tanggapan atas wabah yang merajalela di negara itu.

Tetapi Eran Segal, seorang ilmuwan komputer di Weizmann Institute of Science di Rehovot, Israel, dan rekan-rekannya yang telah menganalisis data pemerintah, mengatakan, vaksin berkontribusi pada penurunan kasus dan rawat inap orang tua. Alasannya, penurunan lebih besar dan terjadi lebih cepat pada kelompok usia tersebut dibandingkan pada orang yang lebih muda.

Dan perbedaan jumlah kasus antara orang yang lebih tua dari 60 tahun dan orang yang lebih muda paling menonjol di kota-kota, di mana setidaknya 85% orang lebih tua telah menerima dosis vaksin pertama mereka pada awal Januari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8708 seconds (0.1#10.140)