alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Ringkus 4 Pelaku Penjual Detonator Bom Ikan

Muhammad Subhan
Polisi Ringkus 4 Pelaku Penjual Detonator Bom Ikan
Kasat Polair Polres Pangkep, Iptiu Deki Marizald saat memperlihatkan detonator yang berhasil diamankan. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

MAKASSAR - Satuan Polisi Perairan (Polair) Polres Pangkep, berhasil menangkap empat pelaku penjual detonator sebagai bahan peledak bom ikan di perairan Pulau Balang Lompo Kecamatan Liukang Tupabiring.

Dalam penangkapan para pelaku ini, polisi mengamankan 300 buah detonator rakitan siap pakai.

Kasat Polair Polres Pangkep, Iptu Deki Marizaldi mengatakan, keempat pelaku masing-masing Syarifuddin (34 tahun), Darwis (40 tahun) dan Gaffar (36 tahun) yang merupakan warga Kota Makassar dan seorang warga Kecamatan Liukang Tupabiring Pangkep, Jupri (36 tahun).



"Pada saat kami melaksanakan patroli, kami melihat satu kapal motor yang mencurigakan. Dan saat kami periksa kami menemukan ratusan detonator ini," terang Deki, Senin (7/10/2019) di Mako Satpolair Polres Pangkep.

Ratusan detonator rakitan siap pakai ini dibawa dengan menggunakan KM Nelayan Arti Buana yang juga diamankan polisi. Polisi juga mengamankan lima buah ponsel dan uang tunai sebanyak Rp2,5 juta.

"Semua detonator ini dari Makassar yang rencananya akan dijual di pulau-pulau wilayah Pangkep dengan harga bervariasi," ucap Deki.

Deki menegaskan akan terus melakukan patroli laut untuk memutus mata rantai illegal fishing di wiayah Pangkep. Beberapa waktu lalu, polisi juga menggagalkan penjualan belasan ribu detonator yang juga akan dijual ke pulau-pulau Pangkep.

Keempat pelaku terancam UU Darurat tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara, akibat aktivitasnya sebagai pemakai bahan peledak, perakit dan penjual.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook