alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Capaian Penerimaan Pajak Bapenda Sulsel Tumbuh 11 Persen

Syachrul Arsyad
Capaian Penerimaan Pajak Bapenda Sulsel Tumbuh 11 Persen
Bapenda Sulsel menyebut penerimaan pajak daerah tahun ini tumbuh hingga 11 persen. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, terus menggenjot capaian pendapatan melalui penerimaan pajak daerah. Apalagi tahun ini targetnya sampai akhir tahun bertambah.

Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bapenda Sulsel, Darmayani Mansyur mengatakan, secara umum peningkatan target pajak daerah terhitung sebesar Rp32,2 miliar menjadi Rp3,713 triliun di APBD-Perubahan 2019 dari target awal sebesar Rp3,462 triliun. Saat ini realisasinya juga diklaim mengalami pertumbuhan.

Diketahui, capaian pajak daerah yang dikelola Bapenda Sulsel pada triwulan ketiga atau terhitung sampai dengan September tahun 2019 mencapai Rp2,626 T. Capaian ini tumbuh 11% atau naik sekitar Rp273 M jika dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.



"Sekarang tahun 2019 pertumbuhan pajak kita jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sekarang kita secara akumulasi kita naik 11 persen," ujar Darmayani Secara umum capaian penerimaan pajak triwulan ketiga baru baru 70,73%.

Untuk mengejar target tersisa, apalagi pasca penambahan target penerimaan pajak, Bapenda Sulsel bakal menggencarkan proses penertiban di jalan. Khususnya pada sektor penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB). Pasalnya di sektor tersebut yang dinilai paling berkontribusi.

"Hal yang paling banyak dampaknya paling kita rasa itu penertiban, ya. Jadi di anggaran perubahan ini akan kita perbanyak kegiatan penertiban. Kerjasama kepolisian. Tunggakan paling banyak terjaring disitu," pungkas Yani, sapaan akrabnya.

Langkah ini dilakukan melihat capaian saat digelarnya Operasi Patuh 2019 pada September lalu. Dimana pada momen tersebut capaian pajak di sektor PKB mengalami peningkatan signifikan. Tidak hanya penertiban di jalan, pembayaran PKB di samsat juga sangat besar.

"Sebelumnya itu rata-rata penerimaan hanya terima 4 miliar lebih, pada operasi patuh kita bisa dapat sampai 5-6 miliar per hari. Jadi efeknya tinggi. Makanya kita akan perbanyak lakukan penertiban di jalan untuk menyasar penunggak pajak," sebutnya.

Dari data yang dihimpun, capaian penerimaan pajak Bapenda Sulsel di sektor PKB memasuki triwulan ketiga sebesar Rp985 M dari target Rp1,345 T tahun ini. Selain itu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) realisasinya Rp729 M, Pajak Bahan Kendaraan Bermotor (PBBKB) Rp483 M, Pajak Air Permukaan (PAP) Rp69 M, dan pajak rokok Rp358 M.

"Kita juga tidak bisa memungkiri peran KPK sangat besar. Karena kita lakukan penagihan-penagihan pereorangan yang tunggakannya besar kita mengatasnamakan KPK dan memang kita disuruh KPK. Karena kan kami dievaluasi juga tiap bulan sama KPK, dilaporkan pertumbuhan pajak termasuk tunggakan," imbuh Yani.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook