Aksi Nyata Suporter PSM Makassar Perangi Pandemi Corona

Senin, 13 April 2020 - 10:31 WIB
loading...
Aksi Nyata Suporter PSM Makassar Perangi Pandemi Corona
Aksi nyata kelompok suporter PSM Makassar berupa pembagian masker gratis untuk melawan virus corona. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pandemi virus corona baru alias covid-19 menjadi musuh bersama. Seluruh elemen di Kota Makassar, Sulsel, bersatu memerangi virus mematikan tersebut. Tidak terkecuali kelompok suporter PSM Makassar yang tergabung dalam SupperSoccer yakni Red Gank dan The Macz Man.

Red Gank misalnya yang dalam dua pekan terakhir gencar membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat. "Fokus kami adalah pengendara motor dan orang-orang yang terpaksa harus bekerja di luar rumah seperti ojek online, sopir angkutan umum, hingga para pedagang," kata Sekretaris Jenderal Red Gank, Sadakati Sukma, Senin (13/4/2020).

Sadat-sapaan akrabnya, menyampaikan sebagian masker yang dibagikan tersebut dijahit sendiri oleh beberapa anggota Red Gank Nona. Lebih dari 1.200 masker telah diproduksi oleh Red Gank Nona yang dibiayai dari donasi para anggota.

Pembagian masker ini, Sadat berharap dapat meringankan beban para pekerja di jalanan. Maklum tanpa membeli masker masih sulit dan harganya juga mahal.

Menurut Sadat, wabah corona ini harus menjadi momentum bagi seluruh elemen masyarakat di Makassar dan Sulsel untuk bersatu. Apalagi dampak yang diakibatkan oleh covid-19 ini sungguh luar biasa. Tidak hanya korban jiwa yang sudah berjatuhan, tapi juga perekonomian warga yang semakin sulit karena kegiatan ekonomi nyaris lumpuh.

"Dalam situasi yang serba sulit ini kami mengajak kita semua bersatu melawan Corona. Tidak hanya kelompok suporter PSM Makassar, tapi juga seluruh elemen masyarakat harus punya kepedulian agar wabah ini segera berlalu," ujarnya.

Penyemprotan Disinfektan
Sebelum membagikan masker secara gratis, Red Gank pada akhir Maret lalu juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga maupun fasilitas umum. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan Red Gank di Makassar, tetapi juga di zona-zona luar Makassar seperti Sinjai, Kalimantan, maupun Jawa Timur.

Aksi serupa juga ternyata dilakukan kelompok suporter PSM Makassar lain yang tergabung dalam SuperSoccer, The Macz Man. Sejak Maret lalu, The Macz Man secara berkala melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga dan fasilitas umum.

“Rumah-rumah warga yang disemprot ini berada di area sektor-sektor The Macz Man di Makassar. Kami juga melakukan penyemprotan di fasilitas umum dan tempat ibadah. Bahkan anggota The Macz Man di zona-zona luar Makassar juga melakukan kegiatan pencegahan corona seperti ini,” kata Ketua The Macz Man Sektor Pongtiku, Muhammad Rizki.

Aksi The Macz Man tak berhenti sampai di situ. Saat ini, The Macz Man yang merupakan bagian dari SuperSoccer masih terus menggalang donasi. Rencananya dana tersebut akan digunakan untuk membeli alat pelindung diri yang akan dibagikan kepada tenaga medis dan masyarakat.

"Kami akan terus berinistif untuk bisa membantu pemerintah dan paramedis yang kini sedang berjuang di garda terdepan melawan Corona. Sebagai penggemar bola, kelompok suporter adalah bagian dari masyarakat dan harus memberi manfaat kepada masyarakat juga," tutup dia.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)