alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Pangkep dan Selayar Diberi Waktu Sepekan Tuntaskan NPHD Pilkada

Muhaimin
KPU Pangkep dan Selayar Diberi Waktu Sepekan Tuntaskan NPHD Pilkada
KPU Pangkep dan Selayar diberi waktu sepekan untuk menuntaskan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada 2020. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkep dan Selayar diberi kebijakan. Keduanya masih diberi waktu untuk menuntaskan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada 2020 selama sepekan ke depan.

Itu setelah KPU Pangkep dan Selayar melakukan rapat koordinasi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KPU RI dan Bawaslu RI di Jakarta, Senin (7/10) lalu. Pemda setempat di dua daerah tersebut juga hadir.

"Kita diberikan waktu hingga tanggal 14 (Oktober), untuk melakukan pertemuan dengan Pemda. Dan diharapkan bisa penandatanganan NPHD paling lambat tanggal 14 (Oktober) nanti,'' kata Ketua KPU Pangkep, Burhan saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).



Burhan menyebutkan, Kemendagri berpesan agar Pemda setempat tak menghambat kerja-kerja KPU. Apalagi tahapan Pilkada 2020 sedianya sudah harus dilaksanakan sekarang ini.

“(Kemendagri berpesan) tidak ada istilahnya, tidak ada anggaran untuk Pilkada 2020. Karena Pilkada ini sangat penting,” ucap Burhan.

KPU Pangkep sedianya telah melakukan sinkronisasi internal sebelum mengajukan ke Pemda, mulai dari Rp39 miliar, kemudian diturunkan dua kali menjadi Rp35 miliar dan terakhir Rp34 miliar. Hanya saja, Pemda hanya mampu sebesar Rp20 miliar.

Ketua KPU Selayar, Nandar Jamaluddin mengungkapkan, dalam rapat koordinasi di Kemendagri, pihaknya menolak usulan Pemda yang hanya mengakomodir anggaran sebesar Rp18 miliar. Meski pun sempat dinaikkan menjadi Rp19 miliar.

“Saya selaku perwakilan KPU (Selayar) menolak karena kebutuhan anggaran Pilkada Selayar minimal Rp22 miliar. Ini sudah proses rasionalisasi ketiga. Malah Bupati Selayar (Basli Ali) saja pernah menyetujui Rp22 miliar,” tuturnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif