Dorong Roda Ekonomi Kerakyatan, PT Vale Luncurkan 'Gebrakan UMKM'

Minggu, 07 Februari 2021 - 16:04 WIB
loading...
Dorong Roda Ekonomi Kerakyatan, PT Vale Luncurkan Gebrakan UMKM
Prosesi peluncuran Gebrakan UMKM ditandai dengan finger scan oleh Bupati Luwu Timur Irwan Bahri Syam. Foto: Istimewa
A A A
SOROWAKO - PT Vale Indonesia Tbk ( PT Vale ) bekerja sama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan Gerakan Belanja Produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau disingkat 'Gebrakan UMKM' di Sorowako, Minggu (7/2/2021).

'Gebrakan UMKM' diinisiasi untuk membantu promosi dan memperluas akses pasar produk-produk UMKM binaan PT Vale . Kemitraan untuk pengembangan UMKM yang dilakukan sejak tahun 2018 ini telah membina sebanyak 584 pelaku UMKM di Luwu Timur .

Dari jumlah tersebut, sekitar 86 persen pelaku usaha UMKM adalah kelompok perempuan. Hal ini menandakan adanya keterlibatan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga serta menggerakkan ekonomi dan pembangunan di Luwu Timur .

Pendampingan terhadap pelaku UMKM tidak hanya pelatihan, melainkan ditindaklanjuti dengan membantu memperkuat akses permodalan dan pasar bagi produk-produk UMKM.

Selain membangun Galeri Kareso di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur yang menampung berbagai jenis produk UMKM binaan, seperti makanan ringan, bumbu dapur, produk herbal, kerajinan tangan, dan aneka produk olahan hasil perikanan yang berasal dari Danau Towuti dan Teluk Bone di Malili, kemitraan tersebut telah berhasil mengantarkan puluhan produk UMKM binaan untuk menembus pasar Makassar dan sekitarnya, Toraja, Palopo, dan Morowali.

Beberapa produk unggulan UMKM binaan juga sedang dalam proses kerja sama dengan pihak hotel dan ritel modern di Sulsel.



Menteri Koperasi dan UKM, Tetan Masduki dalam sambutannya secata virtual mendorong peningkatan belanja produk UMKM untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional. "UMKM adalah penggiat ekonomi yang paling handal. Saya sangat mengapresiasi upaya kolaborasi pihak swasta dan asosiasi UKM menjadi mitra strategis untuk memberikan tempat bagi para pelaku UMKM memasarkan produknya dan mendukung kebangkitan UMKM," ujar Teten.

Hal senada juga diutarakan Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini.

"Saya sangat salut dengan komitmen PT Vale terhadap program pengembangan masyarakatnya khususnya di sektor ekonomi kerakyatan. PT Vale konsisten memberikan dukungan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan pemasaran," kata Harlina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)