Sejumlah Wilayah di Kabupaten Toraja Utara Longsor

Minggu, 07 Februari 2021 - 17:32 WIB
loading...
Sejumlah Wilayah di Kabupaten Toraja Utara Longsor
Tanah longsor memutus akses jalan di Kawasan Pegunungan Bromo. Bencana longsor juga terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Toraja Utara. Foto: iNews/Ilustrasi
A A A
TORAJA UTARA - Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Pongko, Desa Benteng Ka’do, Kecamatan Kepala Pitu, Kabupaten Toraja Utara pada Minggu (7/2/2021) dini hari. Longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan cukup deras .

Tanah longsor ini mengakibatkan jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Rindingallo dengan Kecamatan Kapala Pitu terputus dan tidak dapat dilalui kendaraaan roda dua maupun empat.



Aparat kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat bergotong royong membersihkan material longsor sehingga bisa dilalui kendaraan.

Kapolres Toraja Utara , AKBP Yudha Wirajati mengatakan, intensitas hujan yang turun di wilayah Toraja Utara sangat tinggi dalam tiga hari terakhir. Hujan lebat juga disertai angin, petir, dan guntur.

"Masyarakat diimbau mewaspadai bencana tanah longsor , pohon tumbang, sambaran petir, dan banjir, terutama yang bermukim di bantaran sungai," imbau Kapolres .

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toraja Utara mencatat, selain Kecamatan Kepala Pitu, longsor juga terjadi di kecamatan lain, seperti Sesean, Sa'dan, dan Kecamatan Tikala.



Di Kelurahan Pangli Selatan, Kecamatan Sesean, bencana tanah longsor nyaris menimbun beberapa rumah warga di sekitar lokasi. Di Desa Buntu Lobo, Kecamatan Sesean, terjadi pergeseran tanah yang mengancam badan jalan poros desa tersebut.

Sedangkan di Jalan Poros Rantepao-Sa’dan, Kelurahan Palawa’, Kecamatan Sa'dan material tanah longsor menimbun sebagian badan jalan. Kondisi ini menyebabkan arus lalu lintas tersendat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)