alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Tangkap 2 WNA Asal Rumania Pelaku Pembobol ATM di Makassar

Faisal Mustafa
Polisi Tangkap 2 WNA Asal Rumania Pelaku Pembobol ATM di Makassar
Jajaran Polda Sulsel saat merilis kasus pencurian data dan uang nasabah bank menggunakan skimmer di mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Aparat kepolisian Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menangkap dua orang warga negara asing (WNA) asal Rumania. Mereka ditahan dengan dugaan pencurian data dan uang nasabah Bank Mandiri menggunakan skimmer di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, dua WNA yang diduga melakukan kejahatan perbankan ini berinisial GA dan SR. Keduanya ditangkap saat mengambil alat skimmer di Jalan Andi Mappanyukki, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Selasa (8/10/2019).

"Awalnya ada laporan dari pihak bank, jika mereka menemukan alat skimming di dua lokasi ATM yakni jalan Hertasning tepatnya di samping kantor Pos, tanggal 5 Oktober. Lalu tanggal 7 ditemukan lagi sama mereka di ATM jalan Mappanyukki," urai Dicky saat rilis di Mapolda Sulsel jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rabu (9/10/2019).



Dari laporan tersebut, Polda Sulsel kemudian bergerak dan menemukan kamera tersembunyi di atas tombol pin mesin ATM. Polisi kata Dicky juga menemukan deep insert skimmer di tempat card reader.

"Setelah dipantau unit Cyber Crime Direskrimsus, kita dapati mereka datang untuk mengecek alat-alat tersebut dan langsung kita tangkap pada Selasa, 8 Agustus kemarin," paparnya.

Menurut Dicky, keduanya mengakui telah melakukan pemantauan terhadap ATM yang ada di Kota Makassar.

Keduanya kata Dicky, akan disankakan dengan Pasal 46 Ayat 1, 2 dan 3 UU ITE Tahun 2016 dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara serta denda sampai Rp800 juta.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook