alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemenhub dan PT IKI Teken Keel Laying Kapal Feri

Suwarny Dammar
Kemenhub dan PT IKI Teken Keel Laying Kapal Feri
Direktur Utama PT IKI Edy Widarto meneken peletakan pelunasan (keel laying) pembangunan kapal pesanan Dirjen Perhubungan Darat, di Galangan Kapal, Makassar. Foto: SINDOnews/Suwarny Dammar.

MAKASSAR - Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat bersama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) dan PT Citra Bahari Shipyard meneken peletakan lunas (keel laying) untuk proyek pembuatan tiga unit kapal penyeberangan (feri) penumpang jenis Ro Ro, di Galangan Kapal, kemarin.

Tiga kapal yang dipercayakan ke PT IKI dan PT Citra Bahari Shipyard untuk dibuat yakni, kapal Ro 200 Gross Ton (GT) untuk dimanfaatkan penyeberangan di Danau Matanao dan Danau Towuti, Luwu Timur dan satunya merupakan kapal penyeberangan untuk ke Kepulauan Selayar 500 GT.

Direktur Utama PT IKI, Edy Widarto mengatakan, dengan ditekennya peletakan pelunasan ini semakin memacu pihaknya untuk segera melakukan pengerjaan sesuai komitmen kontrak. Dimana, untuk tiga kapal ini akan diselesaikan dengan masa kerja sekitar 12 bulan.



“Insyaallah, kapalnya bisa selesai tepat waktu sesuai kontrak. Itu diperkuat pula dengan ketersediaan SDM maupun fasilitas docking yang lengkap di galangan kapal,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dua kapal khusus di Luwu Timur yang dikerjakan senilai Rp34 miliar dan untuk kapal penyeberangan ke Selayar sebesar Rp36 miliar.

Dijelaskannya, kapal yang dibangun ini tentu semakin melengkapi proyek kapal baru yang dikerjakan tahun ini sebanyak 7 unit. Di mana, sebelumnya, telah dikerjakan kapal baru yakni KM Teras BRI Bahtera seva III, Mooring Boat Transko Sepat 07, Mooring Boat Transko Sepat 08 dan Mooring Boat Transko Patin 01.

“Alhamdulillah, beberapa proyek kapal milik pemerintah maupun swasta bisa dikerjakan baik baru maupun repairing. Semua berkat kualitas pengerjaan yang dilakukan, ditopang dengan adanya SDM yang dimiliki,” tuturnya.

Dijelaskannya, pengerjaan kapal ini beda dengan rencana kapal bantuan ke Pemkab Selayar yang akan dihibahkan Pemprov Sulsel, sehingga dipastikan akan ada kapal baru lainnya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan, dengan dipercayakannya pengerjaan kapal ini ke PT IKI dan PT Citra Bahari Shipyard, diharapkan dapat memaksimalkan SDM dan fasilitas yang ada. Sehingga dapat menyelesaikan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan spesifikasi kapal yang telah ditetapkan dalam kontrak.

“Diharapkan dengan pembangunan kapal baru dapat memperlancar transportasi dan konektivitas di Sulsel. Pada akhirnya pembangunan kapal penyeberangan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tuturnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif