alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kanrerong Ditata Ulang, 70 Kios Dipindahkan ke Kecamatan

Vivi Riski Indriani
Kanrerong Ditata Ulang, 70 Kios Dipindahkan ke Kecamatan
Kawasan pusat kuliner Kanrerong mulai ditata ulang, dimana ada 70 kios yang akan dipindahkan ke kecamatan. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman.

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Koperasi dan UKM mulai menata ulang kawasan pusat kuliner kanrerong yang ada di Jalan RA Kartini. Rencananya, ada sekitar 70 kios di lokasi tersebut akan dipindahkan ke kecamatan.

Kepala UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Muhammad Said, menyebut pemindahan kios kanrerong ke kecamatan sudah mulai dilakukan sejak akhir pekan lalu. Untuk tahap awal, pemindahan dimulai di dua titik yakni Kecamatan Biringkanayya dan Tamalanrea.

“Sejauh ini sudah ada 18 kios ini kita pindahkan di dua titik, Kecamatan Biringkanayya dan Tamalanrea," singkat Said.



Kata dia, secara keseluruhan ada kurang lebih 70 kios yang akan dipindahkan. Hanya saja, baru dua kecamatan yang menyatakan siap sampai saat ini. Bahkan, Kecamatan Tamalanrea meminta tambahan kios lebih dari usulan awal.

“Kecamatan Tamalanrea itu tadinya cuma tujuh kios, cuma dia minta lebih dan kita belum tahu berapa nanti tambahannya," ucapnya.

Dia menyebutkan penataan kanrerong sangat mendesak mengingat kondisi kawasan tersebut dinilai sudah sangat tidak representatif untuk dijadikan pusat kuliner di Kota Makassar. “Ruang kosong bekal lapak yang dipindahkan akan diisi kursi dan meja. Jadi menjadi tempat pelanggan duduk sambil menikmati makanan yang mereka beli," tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Evi Aprialti. menyampaikan tujuan penataan lapak di Kanrerong karena melihat aduan dan kondisi di lapangan kios menjadi tidak ideal berjualan sebab terlalu padat. “Ditata agar secara estetis lebih indah juga agar jarak antar pedagang tidak terlalu berdekatan antara satu dan lainnya," ungkap Evi.

Dia mengungkapkan penataan dilakukan dengan memindahkan sebagian lapak dan diangkut ke kecamatan. Saat ini sudah ada tiga kecamatan menurutnya yang telah meminta untuk ditempatkan lapak yakni Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Manggala.

“Lapak yang diangkut ini yang sudah lama kosong misalnya sudah enam sampai tujuh bulan tidak pernah ditempati," tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif