alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kodam XIV Hasanuddin Siapkan Perahu Rakitan untuk Penanggulangan Bencana

Faisal Mustafa
Kodam XIV Hasanuddin Siapkan Perahu Rakitan untuk Penanggulangan Bencana
Perahu rakitan yang disiapkan Kodam XIV Hasanuddin untuk pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana. Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Kodam XIV Hasanuddin melakukan apel pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana (PRCPB) di lapangan M. Jusuf Makodam, jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Kamis (10/10/2019).

Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono mengatakan, ada sejumlah persiapan yang telah dibentuk pihaknya untuk mencegah ataupun mengatasi bencana. Salah satunya, mempersiapkan perahu tradisional rakitan yang didesain khusus Peralatan Kodam (Paldam) XIV Hasanuddin.

"Yah kemarin kita desain, kita cari tong plastik, anggota dari Paldam mendesain seperti perahu, badannya kita gunakan Bordes, kemudian kita lengkapi dengan 40 PK mesin. Mudahan-mudahan bisa membantu jika ada bencana," tuturnya usai memimpin apel.



Hal itu kata dia merupakan bentuk kepedulian Kodam XIV Hasanuddin dalam membantu Pemda dan masyarakat apabila suatu saat terjadi bencana di daerah. Dalam apel itu, dirinya juga memeriksa langsung alat peralatan yang akan digunakan pada saat penanggulangan bencana.

"Kita sudah siapkan alat-alat sebisa Kodam siapkan, termasuk kita mencoba mendesain perahu tradisional, buatan Kodam, mengingat kita dihadapkan situasi dan kondisi di lapangan, pengalaman kemarin itu arus cukup deras khususnya daerah perkampungan, ada benda tajam, sehingga kalau kita gunakan perahu karet ini kemarin tidak efektif, karena sempat juga bocor," tegas Budi.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan diantaranya Kaskoopsau Marsma TNI Andi Kustoro, Pangkosehanudnas II Marsma TNI Yulianta, Danlantamal VI/Makassar, Laksma TNI Hanarko Djodi Pamungkas, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Adnan, Kepala BPBD Sulsel Drs H Syamsibar, Kepala BWS Pompengan Ir Supardi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Provinsi Sulawesi Selatan, para pejabat TNI-Polri lainnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook