alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Turunkan Angka Stunting, Dinas Pendidikan Bone Gelar Bimtek

Supriadi Ibrahim
Turunkan Angka Stunting, Dinas Pendidikan Bone Gelar Bimtek
Suasana bimbingan teknis yang digelar dinas pendidikan Bone untuk menekan angka stunting. Foto: Sindonews/Supriadi Ibrahim

BONE - Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bekerja Sama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemdikbud RI, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Keluarga Dalam Rangka Penurunan Angka Stunting, Kamis, (10/10/2019).

Hal itu lantaran di Kabupaten Bone, gangguan pertumbuhan anak karena kekurangan asupan gizi masih cukup tinggi. Berdasarkan data statistik mencapai angka 40,36 persen.

Kegiatan bimtek tersebut berlangsung di Hotel Sarlim Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bone A Surya Darma.



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Syamsiar, menyampaikan bahwa seperti diketahui Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah yang masuk prioritas untuk pencegahan stunting.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bone melaksanakan berbagai upaya salah satunya dengan menggelar bimtek dalam rangka Penurunan Angka Stunting melibatkan tenaga pendidik.

"Kegiatan ini diikuti dari berbagai kalangan seperti Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TP PKK Kabupaten Bone, TP PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas, Bidan Desa (Bides) dan aparatur desa serta tokoh masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Bone A Surya Darma, dalam sambutannya mengajak seluruh perangkat desa dan pemangku jabatan di tingkat kecamatan dan kabupaten untuk sama-sama mencegah stunting dengan berbagai program. Seperti pemberian gizi terhadap balita dan pemeriksaan kesehatan serta berkonsultasi dengan petugas medis.

“Stunting terjadi akibat pola makan dan pola hidup orang tua yang tidak sehat hingga mewariskan kekurangan gizi ke anak. Begitu juga dengan asupan gizi yang kurang dan lingkungan yang tidak bersih serta makanan yang terkontaminasi,” kata Sekda.

Oleh karenanya, lanjut Sekda, ke depan tenaga medis dan pekerja sosial harus lebih aktif turun ke desa-desa untuk mensosialisasi pentingnya hidup sehat, baik pola makan, kebersihan lingkungan dan asupan gizi yang cukup.

"Diharapkan setelah sosialisasi ini nantinya, seluruh kecamatan dapat menurunkan angka stunting Kabupaten Bone. Ayo kita berantas stunting sejak dini, sehingga masyarakat ke depan benar-benar hidup sehat,” tandasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook