alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pekan Depan, Ribuan Pengungsi Wamena Dijadwalkan Tiba di Makassar

Vivi Riski Indriani
Pekan Depan, Ribuan Pengungsi Wamena Dijadwalkan Tiba di Makassar
Gelombang pengungsi Wamena terus berdatangan ke Kota Makassar, baik jalur udara maupun jalur laut. Foto: Istimewa.

MAKASSAR - Gelombang pengungsi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, terus berdatangan ke Kota Makassar, Sulsel. Bahkan, ada ribuan pengungsi Wamena menggunakan kapal laut dijadwalkan tiba pekan depan, tepatnya Senin (14/10/2019).

“Ada 2.008 pengungsi. Insya Allah tanggal 14 Oktober mereka tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir, kepada SINDOnews.

Para pengungsi dari Wamena itu sudah beberapa hari ditampung di posko pengungsian di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Mereka lalu diberangkatkan dari Pelabuhan Jayapura menuju Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dengan menggunakan kapal laut milik PT Pelni.



Berdasarkan informasi yang diperoleh Mukhtar, sebagian besar atau sekitar 1.400 orang pengungsi dari Wamena tersebut merupakan warga asal Tana Toraja dan Toraja Utara. Selebihnya adalah warga kabupaten/kota lain di Sulsel.

“Infonya 1.400 dari Toraja, selebihnya warga Sulsel lainnya. Insya Allah besok (hari ini) kita ada rapat koordinasi dengan Dinas Sosial Sulsel dengan kepala dinas yang ada di kabupaten,” ujar dia.

Mukhtar melanjutkan setelah tiba di Makassar, mereka akan ditampung sementara di posko pengungsian seperti di Asrama Haji Sudiang. Tidak menutup kemungkinan kata Mukhtar, para pengungsi akan dijemput oleh keluarga mereka.

“Prosesnya nanti ada yang langsung diambil keluarganya, dan ada juga yang ditampung di Asrama Sudiang dan difasilitasi oleh Dinas Sosial Sulsel untuk dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing,” ujar Mukhtar.

Sedangkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sulsel, Imran Jauzi, mengatakan sebagian besar pengungsi dari Wamena yang tiba di Makassar langsung dijemput oleh keluarga mereka di berbagai kabupaten/kota. Saat ini, kata dia, tidak ada pengungsi asal Wamena yang ditampung di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

“Untuk pengungsi di Asrama Haji Sudiang sudah tidak ada,” kata Imran.

Menurut dia, posko untuk pengungsi Wamena telah dipindahkan dari Asrama Haji Sudiang ke Rumah Dinas Kepala Dinas Sosial Sulsel. “Posko untuk pengungsi Wamena asal Sulsel sejak lima hari lalu sudah kami pindahkan ke Rumah Dinas Kadis Sosial,” jelasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook