alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Belum Sepekan Terpilih Jadi Ketua Komisi, Legislator Demokrat Wajo Mundur

M Reza Pahlevi
Belum Sepekan Terpilih Jadi Ketua Komisi, Legislator Demokrat Wajo Mundur
Asri Jaya Latief memilih mundur dari jabatan Ketua Komisi II DPRD Wajo. Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi.

WAJO - Anggota DPRD Wajo dari Fraksi Demokrat, Asri Jaya Latif, memutuskan mengundurkan diri dari jabatan selaku Ketua Komisi II. Asri yang belum sepekan terpilih untuk mengemban amanah itu beralasan tidak mungkin merangkap jabatan pada unsur pimpinan alat kelengkapan dewan.

Asri yang terpilih sebagai Ketua Komisi II diketahui juga diamanahkan menjadi Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Wajo. Diketahui suksesi jabatan alat kelengkapan dewan itu berlangsung bersamaan pada 8 Oktober lalu.

Menurut Asri, setelah mempertimbangkan dengan matang, dirinya memilih untuk mengisi jabatan Wakil Ketua Bapemperda dibandingkan menjadi Ketua Komisi II. Toh, jabatan pimpinan Komisi II DPRD Wajo telah pernah diembannya pada periode sebelumnya.



"Saya memilih mundur dari Ketua Komisi II sebab saya juga terpilih menjadi Wakil Ketua di Bapemperda. Nah, berdasarkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 12 Tahun 2018 mengatur bahwa seorang anggota DPRD tidak bisa menduduki dua jabatan sebagai unsur pimpinan alat kelengkapan dewan," katanya, Jumat (11/10/2019).

Menurut Asri, keputusan mundur dari jabatan Ketua Komisi II DPRD Wajo lantaran dirinya taat pada aturan. Sebagai wakil rakyat yang paham regulasi, tentunya tidak elok jika memaksakan menguasai jabatan, padahal melanggar aturan.

Terlepas dari itu, keputusan Asri mundur tetap menimbulkan berbagai asumsi, termasuk dugaan manuver politik yang dilakukan PAN sebagai partai pemenang pemilu. Diketahui pada pemilihan alat kelengkapan dewan, tidak satupun kader PAN yang menduduki pimpinan komisi.

Dari pantauan SINDOnews, PAN setidaknya sudah dua kali mengumpulkan dan bernegosiasi dengan seluruh ketua partai dan ketua fraksi di DPRD Wajo. Pertemuan pertama berlangsung di Cafe Mattiro Tappareng, Selasa (8/10/2019) dan pertemuan kedua di rumah jabatan Bupati Wajo, Kamis (10/10/2019).



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook