alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS Bakal Mediasi Invasi Militer Turki Terhadap Kurdi di Suriah

Agus Nyomba
AS Bakal Mediasi Invasi Militer Turki Terhadap Kurdi di Suriah
Amerika Serikat berusaha mencari jalan terbaik untuk menangani invasimiliter Turki terhadap Militan Kurdi di Suriah. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat, bakal mencari jalan tengah untuk mencari solusi terhadap invasi militer Turki terhadap pasukan Kurdin di Suriah belakangan ini.

Presiden AS Donald Trump mencatat bahwa salah satu dari tiga pilihan yang mungkin diambil AS yakni Operasi Damai Musim Semi Turki di Suriah utara.

Menurut seorang pejabat senior dari Departemen Luar Negeri AS, Washington akan mencoba 'yang terbaik' untuk menghentikan bentrokan Turki-Kurdi di Suriah utara yang mulai mengikuti peluncuran Operasi Musim Semi Perdamaian Turki



"Ini adalah kesalahan yang harus dilakukan Turki, bahwa kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menghentikan hal ini," kata pejabat itu, Kamis. Mengomentari langkah-langkah yang bisa diambil AS jika Turki terlibat dalam tindakan tidak manusiawi dan tidak proporsional terhadap warga sipil selama invasi militernya ke Suriah timur laut.

Pejabat itu mengatakan bahwa Washington dapat menjatuhkan sanksi terhadap Ankara.

"Itu termasuk pembersihan etnis, itu termasuk udara artileri sembarangan dan kebakaran lain yang diarahkan pada penduduk sipil. Itulah yang sedang kita lihat sekarang. Kami belum melihat contoh signifikan sejauh ini", kata pejabat itu.

Pejabat itu mengklaim bahwa Turki berusaha mendapatkan dukungan militer dari Amerika Serikat untuk invasi, tetapi ditolak.

"Amerika Serikat tidak akan memberikan dukungan militer [ke Turki]," kata pejabat itu.

"Itu diminta oleh Turki di berbagai tingkatan di berbagai waktu, termasuk atas panggilan [antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan] pada hari Minggu. Itu dibuat jelas bagi Turki".
Pejabat itu menekankan bahwa Trump meminta diplomat AS untuk menengahi gencatan senjata antara Turki dan pasukan Kurdi di Suriah.

"Kami telah ditugasi oleh presiden untuk mencoba melihat apakah ada kesamaan di antara kedua belah pihak (dan jika) ada cara agar kami dapat menemukan jalan menuju gencatan senjata", kata pejabat itu.

Sebelumnya pada hari itu, Trump mengusulkan tiga metode untuk mengakhiri perang baru di Suriah utara. Salah satu opsi adalah "kesepakatan antara Turki dan Kurdi".



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook