alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel Tinjau Budi Daya Salmon di Australia

Tim Sindonews
Gubernur Sulsel Tinjau Budi Daya Salmon di Australia
Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah mendengarkan penjelasan dari pengelola budi daya ikan salmon di Tasmania, Australia. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah meninjau lokasi budi daya ikan salmon yang ada di negara bagian Tasmania, Australia. Dalam kunjungannya itu, Nurdin didampingi Konjen Australia untuk Makassar.

Salah seorang pengembang budi daya ikan salmon yang ditemui Nurdin adalah Ziggy Pyka. Ziggy memiliki empat hektare lahan di hutan pinggir kota Hobart untuk budi daya salmon.

Kepada Nurdin, Ziggy menjelaskan, bahwa dirinya mempelajari dengan betul bagaimana siklus kehidupan dari ikan salmon sebelum mengembang biakkannya. Ziggy juga menjelaskan fasilitas apa saja yang ia miliki untuk usaha budi dayanya tersebut.



"Air saya ambil dari sungai mengalir melalui pipa ini. Salmon akan hidup dan berkembang pada suhu maksimal 20 derajat. Kalau suhu di atas 20 derajat bibit salmon akan mati," terang Ziggy ke Nurdin Abdullah seperti dalam keterangan yang diterima SINDOnews.

Di lokasi budi dayanya itu, Ziggy membuat 12 kolam berbentuk silinder dengan diameter dua 200 cm. Kolam dari semen yang dicor tersebut sebagai tempat penangkaran bibit salmon sampai ukuran tertentu sebelum dilepas ke kolam alam.

Salmon yang sudah besar dipindahkan ke beberapa kolam yang dibuat menyerupai kubangan. Kondisinya alami. Rumput dan semak belukar dibiarkan tumbuh di punggir kolam.

Dijelaskan Ziggy, tiap kolam yang menyerupai drum bisa menampung sampai 500 ekor salmon. Jumlah yang banyak lagi terdapat pada kolam alami. Ziggy menata lokasi itu sedemikian rupa, menjadi sebuah tempat budi daya ikan sekaligus kafe alami. Ada bangku-bangku dan meja yang dibuat dari belahan batang pohon. Ada di bagian lain kursi dari potongan batangan kayu.

Di bagian lain Nurdin juga menyaksikan tempat duduk dari tumpukan kayu. Semuanya dibuat alami dan mengesankan suasana di hutan tetap terjaga.

Dalam kunjungannya tersebut, rombongan Provinsi Sulsel, juga sempat mencicipi beberapa menu yang berbahan daging salmon.

Menurut Nurdin Abdullah, keberhasilan budi daya salmon milik Ziggy tidak lepas dari dukungan kajian ilmiah.

"Semua yang mereka kalukan terukur dan mereka melakukan dengan sistem yang sudah standard. Keputusan mereka selalu berdasarkan hasil riset," jelas Bupati Bantaeng periode 2008 - 2018 itu.

Nurdin pun mengajak perguruan tinggi di Sulsel agar menjadi dapur riset bagi pemerintah.

"Ke depan, semua kebijakan yang diambil pemerintah provinsi harus berdasarkan riset. Semua diramu dan dikaji oleh ahlinya dari kampus," jelas peraih Bung Hatta award 2017 ini.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook