alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Jaringan Internet Sulawesi, Maluku dan Sekitarnya Putus

Sri S Syam/Suwarny Damar
Jaringan Internet Sulawesi, Maluku dan Sekitarnya Putus
Jaringan internet di seluruh wilayah Sulawesi dan Maluku, Sabtu (12/10/2019), terputus akibat dilibas oleh Alat berat (eskavator) yang digunakan di proyek pelebaran jalan Makassar-Takalar. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Jaringan internet di seluruh wilayah Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Papua, Sabtu (12/10/2019), terputus akibat dilibas oleh Alat berat (eskavator) yang digunakan di proyek pelebaran Jalan Makassar-Takalar.

Dua jalur utama dan kabel Backup Fiber Optic milik PT Telkom yang berada di Kilometer 21 dari Makassar arah Takalar dilibas hingga putus oleh satu eskavator sekitar pukul 15.15 wita.

Akibatnya, pengguna internet di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan, Maluku dan Papua tidak bisa mengakses jaringan internet.



Menurut GM Telkom Witel Makassar, Sukwan Viperis Thayeb yang dihubungi SINDOnews, saat ini Team Troubleshooting Telkom sudah berada di lokasi putus untuk menuntaskan dan menormalkan titik putusnya sehingga layanan Telekomunimasi (Voice, Internet, TV) menjadi normal kembali.

"Hasil ukur di KM21 dari Makassar arah Takalar, ditemukan dua titik putus di lokasi. Penyebab putus akibat eskavator namun sudah ditimbun jadi tim kesulitasn mencari letak putus. Saat ini tim sudah di lokasi pengupasan kabel, " jelasnya.

Sukwan berjanji memaksimalkan perbaikan atau melakukan penyambungan kabel secepatnya. Estimasi stimasi standard troubleshooting kata Dia 2 hingga 3 jam kedepan.

"Kami atas nama Telkom memohon maaf atas terjadinya gangguan massal untuk layanan Telkom yang terjadi saat ini akibat adanya 2 Jalur Utama dan Backup Fiber Optic yang putus dari Makassar arah Takalar," tandasnya.

Terpisah General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim menambahkan, meski jaringan internet down, namun layanan telepon dan SMS di seluruh wilayah tersebut tetap berfungsi normal dan dapat dinikmati pelanggan.

Telkomsel bersama Telkom Group saat ini, kata Dia terus melakukan proses pemulihan akses layanan data dan secara berkala akan segera tersolusikan untuk dapat beroperasi normal secara menyeluruh.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel. Untuk informasi dan solusi layanan Telkomsel lainnya, pelanggan dapat mengunjungi titik layanan GraPARI atau menghubungi Call Center 188," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook