alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pimpinan Definitif DPRD Gowa Periode 2019-2024 Ditetapkan Besok

Herni Amir
Pimpinan Definitif DPRD Gowa Periode 2019-2024 Ditetapkan Besok
Rapat paripurna perdana DPRD Kabupaten Gowa periode 2019-2024 beberapa waktu yang lalu. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Penetapan pimpinan definitif, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa dijadwalkan besok, Senin (14/10/2019).

Ketua DPRD Kabupaten Gowa sementara, Rafiuddin mengatakan, penetapan pimpinan DPRD ini dilakukan setelah dilakukan pengiriman rekomendasi ke Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

Di mana, Gubernur Sulsel telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang peresmian dan pengangkatan pimpinan DPRD Gowa.



"Iya betul. Kita jadwalkan paripurna penetapan Senin ini.Pengambilan sumpah ini akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, disertai dengan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Gowa," ungkapnya, Minggu (13/10/2019).

Adapun nama-nama pimpinan DPRD Gowa definitif yakni Rafiuddin Raping selaku Ketua DPRD Gowa. Ia mewakili fraksi PPP yang memenangi pemilihan legislatif Kabupaten Gowa.

Kemudian Andi Tenri Indah selaku Wakil Ketua I, dari fraksi partai Gerindra. Zulkifli Alimuddin Tiro Wakil Ketua II, fraksi partai Demokrat. Terakhir Risqiyah Hijaz selaku Wakil Ketua III, dari fraksi partai Nasdem.

Setelah dilakukan penetapan pimpinan lanjut Rafiuddin, tahap selanjutnya yakni sidang penyusunan tata tertib DPRD Gowa. Tatib ini untuk pelaksanaan tugas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

Penyusunan peraturan tata tertib DPRD ini sangat penting. Terutama dalam rangka pembentukan, susunan, tugas dan wewenang alat kelengkapan dewan (AKD).

Antara lain Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Komisi, Badan Pembentukan Peraturan daerah dan Badan Kehormatan. AKD ini pun nantinya akan diambil sumpah atau ditetapkan pada rapat paripurna selanjutnya.

"Setelah penetapan pimpinan definitif, kita masuk ke komposisi komisi," beber putra asal Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolopao ini.

Sebelumnya, 45 legislator DPRD Gowa telah menjalani serangkaian agenda. Mulai dari pembekalan dan orientasi, kunjungan reses, hingga bimbingan teknis di Kemendagri.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook