alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinkes Makassar Gelar Kampanye Imunisasi bagi Kader Posyandu

Tim Sindonews
Dinkes Makassar Gelar Kampanye Imunisasi bagi Kader Posyandu
Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal saat menghadiri kempanye imunisasi bagi kader posyandu. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama TP PKK Kota Makassar, menggelar kampanye imunisasi tingkat Kota Makassar yang berlangsung di Hotel Aerotel Makassar, Sabtu (12/10/2019).

Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh ratusan kader Posyandu se-Kota Makassar. Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya imunisasi.

Apalagi kata dia, kader posyandu dan PKK adalah unsur terkait yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Makanya, para kader dipacu mensosialisasikan hal ini untuk meningkatkan capaian imunisasi bagi anak di Makassar.



"Kita bermitra dengan kader karena kan ada 1.010 posyandu di Kota Makassar. Tanpa mereka mustahil teman-teman petugas bisa menjangkau. Ada yang tidak datang di posyandu, mereka yang pergi cari bawa ke posyandu," tutur Naisyah.

Dia melanjutkan, imunisasi adalah hal yang patut diperhatikan para orang tua. Imunisasi ditegaskan menjadi hak asasi anak untuk menjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai penyakit.

"Jadi kalau ada orang tua tidak memberikan imunisasi kepada anaknya, tidak memediasi dan memfasilitasi anaknya mendapatkan imunisasi, maka orang tuanya melanggar hak asasi anak. Karena wajib seorang anak mendapatkan haknya yaitu imunisasi," tegasnya.

Naisyah menuturkan, dengan pemberian imunisasi ada banyak jenis penyakit yang bisa dicegah. Penyediaan vaksin untuk imunisasi juga sudah disediakan oleh pemerintah.

"Kita lihat banyak anak yang sakit-sakitan, meninggal, inikan sebenarnya kita harapkan bisa dicegah melalalui program imunisasi. Sehingga kita lakukan kampanye imunisasi bagi kader posyandu yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar," tutur dia.

Pasca kampanye imunisasi ini, diharapkan para kader posyandu bisa menjemput bola turun langsung ke masyarakat untuk pemberian imunisasi. "Kita harap mereka mampu mensosialisasikan masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing mendapatkan imunisasi secara lengkap," pungkas Naisyah.

Sementara Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal menyampaikan, imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit yang paling efektif dan efisien sebagai ikhtiar manusia untuk melakukan pencegahan penyakit-penyakit tertentu dan peningkatan kekebalan tubuh.

"Berbagai jenis imunisasi telah disiapkan, dan diberikan kepada bayi baru lahir hingga usia tertentu untuk melindungi dan menyelamatkan anak-anak kita dari penyakit tertentu," ujar Murni.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook