alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Duta Anti NarkobaDapat Pelajaran dari Napi Narkoba di Lapas Maros

Najmi Limonu
Duta Anti NarkobaDapat Pelajaran dari Napi Narkoba di Lapas Maros
Para duta anti narkoba di Maros saat berkunjung di Lapas Maros. Foto: Istimewa

MAROS - Usai mendapatkan pembekalan selama tiga hari, 20 Finalis Duta anti Narkoba Maros menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Maros di jalan poros Kariango, kecamatan Mandai, Minggu (13/10/2019).

Ketua panitia, Nuranita mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman langsung kepada para finalis terkait kondisi warga binaan di lapas, khususnya Napi Narkoba. Meski tidak sempat berkunjung masuk ke dalam ruang Napi, mereka diterima oleh petugas Lapas yang menghadirkan dua orang perwakilan napi Narkoba yang sudah lebih dari dua tahun di dalam Lapas.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami berkunjung ke Lapas Maros ini untuk menggali lebih dalam terkait warga binaan khususnya napi narkoba. Tadi kami disambut oleh dua orang warga binaan yang memberikan banyak pelajaran buat kami," kata Nur Anita.



Salah seorang napi narkoba, MN (35) mengaku sangat antusias berbagi pengalaman hidup dengan para finalis. Dia bercerita, jika hidupnya selama ini hancur karena Narkoba. Kini dia pun sadar dan berjanji tidak akan pernah lagi mendekati barang haram itu.

"Saya mencoba narkoba itu saat saya masih duduk di bangkus SMP. Berkali-kali saya mencoba untuk berhenti, tapi karena lingkungan, saya tidak bisa keluar dari lingkaran itu hingga akhirnya saya malah jadi pengedar," sebutnya.

Dia pun berharap, agar para finalis dan juga penggiat anti narkoba di Maros bisa lebih giat melakukan penyadaran ke masyarakat betapa bahayanya Narkoba itu. Jika diberi kesempatan, dia bahkan mau bergabung menjadi penggiat anti narkoba saat bebas.

"Saya ini contoh bagaimana narkoba itu merusak segalanya dari diri anda. Saya dan keluarga saya hancur karena Narkoba. Saya harap, adik-adik finalis ini bisa lebih giat menyadarkan mereka. Kalau saya keluar, saya akan gabung," ujarnya.

Rencananya, pekan depan, semua finalis akan menggelar persembahan bakat mereka di Grand Mall sebagai satu bagian dari kegiatan pemilihan duta anti Narkoba yang diinisiasi oleh Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) bersama Ikatan Duta Anti Narkoba (Ikanara) Maros.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook