alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satpol PP Bakal Tertibkan Lapak Pedagang di GOR Sudiang

Syachrul Arsyad
Satpol PP Bakal Tertibkan Lapak Pedagang di GOR Sudiang
Satpol PP Sulsel bakal melakukan penertiban lapak pedagang di GOR Sudiang. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulsel, bakal menertibkan lapak pedagang yang selama ini masih berjualan di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Sudiang, di Jalan Pajjaiyang Makassar.

Kepala Satpol PP Sulsel, Mujiono menjelaskan, penertiban lapak pedagang ini menjadi bagian untuk penataan aset. Untuk saat ini, pihaknya akan menggelar sosialisasi kepada para pedagang sebelum penertiban.

Langkah ini diambil setelah digelar rapat koordinasi dengan unsur terkait, baik dispora, inspektorat, para RT/RW, dan lurah, serta perwakilan pedagang, belum lama ini. Dalam perremuan tersebut, disepakati agar lahan yang ditempati pedagang harus segera dikosongkan.



"Batas waktunya itu sampai tanggal 19 Oktober nanti, harus sudah harus membongkar sendiri lapak-lapaknya. Kan istilahnya mereka masih berjualan nih, kita sosialisasi bahwa ini terakhir kalinya mereka bisa berjualan di lahan itu," tegas Mujiono.

Dia melanjutkan, sampai batas waktu tersebut para pedagang diberikan waktu untuk membongkar lapaknya sendiri. Satpol PP, kata Mujiono, juga akan memfasilitasi para pedagang yang berinisiatif menjalankan imbauan tersebut.

"Jadi sebelumnya mereka diimbau membongkar sendiri. Kita juga tawarkan, kalau mereka bersedia bongkar sendiri itu lebih bagus dan kita siapkan untuk angkutannnya," imbuh dia.

Mujiono menuturkan, imbauan pengosongan lapak di GOR Sudiang sudah berkali-kali dilakukan. Hanya saja, pihaknya tidak akan memberikan toleransi lagi bagi para pedagang yang masih berjualan di atas tanah milik pemerintah.

"Jadi kalau tiba waktunya, tanggal 19 (OktoberL mereka tidak bongkar, maka kita yang akan bongkar. Kalau satpol yang membongkar, tidak ada toleransi. Jadi kita tertibkan aja, karena itu memang aset kita," tukas Mujiono.

Keberadaan lapak pedagang di GOR Sudiang selama ini dinilai mengganggu ketertiban umum. Tidak hanya menyebabkan kemacetan di jalan, tetapi juga aktivitas masyarakat yang sedang berolahraga di kawasan tersebut.

"Artinya itukan pasar tumpah. Jadi apapun alasannya tidak bisa kare a artinya tetap berjualan disana, krodit juga, bisa menyebakan macet. Kan tidak asri juga suasananya, mengganggu orang yang berolahraga," pungkas dia.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook