alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Run Makassar Half Marathon Direspon Antusias, Kuota Hampir Penuh

Marhawanti Sehe
Run Makassar Half Marathon Direspon Antusias, Kuota Hampir Penuh
Launching Run Makassar Half Marathon yang digagas oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-412 Kota Makassar, 1 Septemebr 2019 yang lalu. Foto : SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Pelaksanaan event Run Makassar Half Marathon yang digagas oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-412 Kota Makassar ini kurang dari tiga minggu.

Event ini pun mendapat respon antusias dari para pecinta olahraga lari, sehingga target kuota peserta hampir penuh.

Production Director Event Dee Management, Wawa kepada SINDOnews, Senin (14/10/2019), mengungkapkan jumlah peserta yang telah melakukan pendaftaran Run Makassar Half Marathon kini mencapai 1.416 orang. Masing-masing 500 peserta untuk kategori 21K, 416 peserta untuk 10K dan 500 peserta untuk 5K.



Kata Wawa, animo masyarakat terhadap kategori half marathon yakni 21K sangat tinggi, terbukti dengan habis terjualnya tiket kategori ini sejak dua minggu lalu. Bahkan saat ini, masih banyak pelari yang datang untuk mendaftar kategori ini.

"Yang sudah habis malah 21K dan sudah 500 peserta sejak dua minggu lalu. Karena memang animo masyarakat Makassar terhadap 21K itu cukup tinggi, mungkin banyaknya komunitas lari di Makassar saat ini, karena saya baru tau juga ternyata sudah lebih dari 100 komunitas dari Makassar, Maros dan Gowa," jelas Wawa.

Khusus untuk kategori 10K dan 5K saat ini, lanjut dia, masih tersedia masing-masing 500 tiket. Menurut dia, kategori 5K justru memiliki peminat yang lebih sedikit dibanding kategori yang lain.

"Malahan yang sekarang lambat penjualan adalah 5K, padahal kami pikir dulu kalau bikin lari di Makassar 5K paling banyak kan orang pengen lari santai saja ternyata 5K malah lambat penjualannya," sebut dia.

Tak hanya pelari daerah dan nasional, Run Makassar Half Marathon ini juga kata Wawa diminati pecinta olahraga lari mancanegara. Terbukti, hingga saat ini total pendaftar asing telah mencapai 28 orang, masing-masing berasal dari Kenya, Malaysia serta Tokyo.

"Yang daftar dengan visa, artinya bukan warga negara Indonesia sudah ada 28 orang. Dan kalau dilihat dari sebelum-sebelumnya di Makassar ini adalah yang paling besar jumlahnya, karena biasanya hanya ada lima peserta saja," tukasnya.

Menurut Wawa, para peserta nantinya akan diberikan dua medali, yakni satu medali untuk keseluruhan peserta serta medali kedua untuk untuk 412 peserta yang finish pertama dan tercatat melewati semua rute yang telah ditentukan.

"Event ini kan memang bukan hanya Dispora saja tapi dalam rangka HUT ke-12 Makassar, jadi medali kita ada dua. Ada medali yang diberikan untuk seluruh peserta, ada juga medali spesial yang kita berikan untuk 412 peserta finisher pertama. Ada 200 medali untuk kategori 21K, 10K ada 112 medali dan 5K ada 100 medali," jelasnya.

Para peserta juga nantinya akan dihibur dengan berbagai rangkaian acara seru. Bahkan uniknya, di sejumlah rute nantinya para peserta akan dimanjakan dengan icon kota Makassar dan spot foto berupa tari tradisional Sulsel.

Tidak ketinggalan, saat finish di depan Anjungan Pantai Losari, para peserta akan disajikan selebrasi perayaan HUT ke-412 kota Makassar, show artis serta penyerahan medali kepada 412 peserta finisher pertama. Serta akan ada juga 20 tenant kulier.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook