alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Alami Gangguan Mental, 'Joker di Indonesia Umumnya Dipasung

Sri S Syam
Alami Gangguan Mental, Joker di Indonesia Umumnya Dipasung
Penderita gangguan mental seperti yang dialami karakter fiksi Joker ternyata banyak di Indonesia. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Kamu penggemar DC comics? Tentu tak bakal mau ketinggalan film-filmnya, termasuk film yang menceritakan karakter Joker yang kini tengah tayang di bioskop.

Joker adalah film laga hidup pertama Batman yang mendapatkan klasifikasi R dari Motion Picture Association of America karena kekerasan berdarah yang kuat, perilaku mengganggu, bahasa dan gambar seksual singkat.

Diceritakan perjalanan hidup sosok fiksi Arthur Fleck yang mengalami mental breakdown akibat ketidakadilan lingkungan sekitar. Joker dikenal sebagai sosok penjahat yang memiliki gangguan mental, salah satunya Skizofrenia.



Nah tahukah kamu, seperti Joker terdapat 12 ribu pasien penderita gangguan mental Indonesia. Menurut Human Right Watch data tahun 2018, umumnya penderita gangguan mental ini dipasung oleh keluarganya.

Angka ini dianggap cukup besar mengingat pemasungan bertentangan dengan nilai kemanusiaan dan pelanggaran hak.

Padahal kata ahli, Skizofrenia ini sendiri tidak dapat disembuhkan, oleh karena itu penderita Skizofrenia memerlukan dukungan sosial dari keluarga dan teman, dan bukan malah dipasung.

So, tidak ingin karakter Joker yang tega membunuh siapa saja yang melukainya terjadi di dunia nyata kan? Maka itu mari kita coba hargai keberadaan mereka, dengan memberikan pelayanan kesehatan mental terbaik. Dan yang paling utama, jangan mengintimidasi mereka yah guys.



(sss)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook