alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Uji Kesesuaian Jabatan, Pejabat Eselon II Pemkot Makassar Dievaluasi

Vivi Riski Indriani
Uji Kesesuaian Jabatan, Pejabat Eselon II Pemkot Makassar Dievaluasi
Pejabat Pemkot Makassar akan dievaluasi untuk melihat kesesuain jabatan mereka. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, akan mengevaluasi seluruh pejabat eselon II.

Pejabat yang menduduki jabatan tidak sesuai kemampuannya akan digeser dan dipindahkan ke posisi yang dinilai lebih tepat.

Plt Kepala BKPSDM Kota Makassar, Sittiara Kinnang menyatakan akan melakukan job fit atau uji kesesuaian jabatan kepada seluruh pejabat eselon II.



Hanya saja, job fit ini belum bisa dimulai tanpa mengantongi izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Job fit ini seperti asesment, kita mau lihat pejabat ini cocoknya dimana-mana saja. Ini kita mau izin ke pusat melalui provinsi terus kita ajukan rencana kerjanya seperti apa," kata Sittiara Kinnang.

Dia menyebutkan job fit ini sebagai salah satu rangkaian penataan struktur organisasi di lingkup Pemkot Makassar. Hasilnya akan digunakan sebagai dasar untuk pemkot melakukan mutasi rotasi.
“Kita mau itu penataan makanya kita lakukan job fit untuk mengadakan mutasi rotasi (jabatan eselon II)," tuturnya.

Meski begitu, Sittiara memastikan proses job fit ini tidak akan melahirkan pejabat non job yang baru. Sehingga, jumlah jabatan lowong tidak akan bertambah kecuali ada yang pejabat yang pensiun ataupun melanggar aturan.

“Job fit itu hanya asesment. Tidak ada potensi non job karena tidak bisa orang di non job-kan tanpa alasan yang sesuai dengan aturan," tegasnya.

Setelah job fit, selanjutnya akan dilakukan mutasi rotasi dan jabatan yang lowong akan dilelang secara terbuka. Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan kapan jabatan lowong akan dibuka.

Apalagi, Pemerintah Pusat belum membalas secara resmi surat dari pemkot meski rencana penataan itu sudah direspon baik oleh Pemerintah Pusat. “Insya Allah dalam waktu dekat ini, setelah mutasi dan rotasi yang betul-betul lowong itu yang akan kita lelang." tuturnya.

Ira sapaannya menyebutkan tidak hanya melakukan evaluasi dijajaran jabatan eselon dua, melainkan seluruh struktur organisasi mulai eselon dua hingga empat.

Bahkan, untuk jabatan eselon tiga dan empat, pihaknya akan memprioritaskan untuk mengembalikan pegawai yang sebelumnya berstatus non job tanpa alasan yang tidak jelas.

Itupun harus tetap melalui prosedur dengan meminta izin ke Kemendagri. “Eselon tiga dan empat itu nanti juga kita akan isi. Itu kita prioritaskan yang masih non job," ucapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook