alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Putin Berkunjung, Hubungan Rusia dan Saudi Kian Mesra

Agus Nyomba
Putin Berkunjung, Hubungan Rusia dan Saudi Kian Mesra
Presiden Rusia Vladimir Putin disambut Raja Salman saat berkunjung di Saudi Arabia. Foto: Istimewa

RIYADH - Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengunjungi Arab Saudi dalam perjalanan pertamanya ke kerajaan selama lebih dari satu dekade, menandatangani perjanjian minyak dan membahas keamanan regional, khususnya, persaingan Arab Saudi yang sedang berlangsung dengan Iran.

Pad kunjungannya di kerajaan, Putin mendengarkan band militer Saudi memainkan lagu kebangsaan Rusia. Dia kemudian menyapa para pejabat sebelum duduk bersama Raja Salman untuk percakapan yang direkam oleh televisi pemerintah.

Pertemuan tersebut menandakan kemesraan hubungan mereka antara kedua negara, yang telah bekerja bersama dalam beberapa tahun terakhir untuk menjaga pasokan minyak rendah, dan dengan demikian menjaga harga tetap tinggi, tetapi telah berada di sisi yang berlawanan dari konflik regional.



Moskow telah mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara Suriah, sementara Riyadh mendukung kelompok-kelompok yang berjuang untuk menggulingkannya.

Rusia juga telah memperkuat hubungan dalam beberapa tahun terakhir dengan Iran, yang dikunci dalam kontes puluhan tahun dengan Arab Saudi untuk pengaruh di Timur Tengah yang lebih luas.

Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan antara kedua belah pihak telah melonjak dan berbelok ke arah konflik terbuka. Putin sebelumnya mengatakan dia bisa memainkan peran positif dalam mengurangi ketegangan antara Teheran dan Riyadh, mengingat hubungan kuat Rusia dengan kedua belah pihak.

Dalam pernyataan yang disiarkan selama kunjungan itu, Putin memuji upaya Raja Salman dalam menjaga hubungan.

"Rusia melihat perluasan hubungan persahabatan dan saling menguntungkan dengan Arab Saudi sebagai sangat penting," kata Putin.

Dalam sambutan singkatnya, Raja Salman yang berusia 83 tahun mengatakan pihaknya berharap dapat bekerja dengan Rusia. "Untuk mencapai keamanan dan stabilitas dan memerangi terorisme," kata Raja Salman dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (15/10/2019).0

Pangeran Abdulaziz bin Salman, asisten menteri perminyakan negara itu, kemudian memimpin upacara penandatanganan untuk 20 perjanjian antara kedua negara, sebagian besar nota kesepahaman di bidang energi, petrokimia, transportasi dan kecerdasan buatan.

Sebelumnya pada hari itu, seorang Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) yang menyeringai secara luas, pemimpin de facto negara itu, telah menyambut Putin. Putra mahkota kemudian bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook