alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

RS Malili Bakal Dibangun di Atue Direspon Positif Legilator PDIP

Fitra Budin
RS Malili Bakal Dibangun di Atue Direspon Positif Legilator PDIP
Pemkab Luwu Timur bakal membangun RS Malili di Dusun Atue, Kecamatan Malili. Foto: Sindonews/Ilustrasi

LUWU TIMUR - Rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malili di Dusun Atue, Desa Ussu, Kecamatan Malili mendapat respon positif sejumlah pihak termasuk legislator PDIP Luwu Timur, Efrain.

Menurutnya, rencana pembangunan RSUD di Atue pastinya berdasarkan kajian sehingga apa yang disepakati oleh tim berarti itu dinilai sudah layak.

"Pada intinya ada tim yang dibentuk, kalau tim katakan layak dan terbaik di Atue dan memiliki skor tertinggi ya sudah itulah yang layak," ungkap Efrain, Selasa (15/10/19).



Diketahui sebelumnya terjadi silang pendapat antara Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan DPRD Lutim, terkait dengan pembangunan RSUD Malili ini. Pasalnya dewan berharap pembangunan ini dilakukan di dekat Malili sebagai kota kabupaten.

Kepala Bidang Penataan Lingkungan DLH Luwu Timur, Nasir Dj menjelaskan pada awal perencanaan pembangunan RSUD di Malili, dipusatkan di Desa Puncak Indah dan Desa Wewangriu.

Namun, kata Nasir, pada titik tersebut masing masing ada dampak negatif yang dinilai tidak layak untuk dijadikan lokasi berdirinya RSUD Malili.

"Ada tiga itu, di Wewangriu itu kita takut banjir, sedangkan didekat Lapangan Merdeka, Desa Puncak Indah tanah yang menjadi titik lokasi adalah lahan sengketa, dan terahkir di dekat Islamic Center, Desa Puncak Indah, disitu juga dinilai tidak layak karena sekitar lokasi itu dilihat dari sudut geografisnya adalah patahan," kata Nasir.

Atas dasar itu, lokasi RSUD Malili ditetapkan di Desa Atue, Kecamatan Malili. Masalah terkait Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), ia sebagai PPK Feasibility Study (fs) mengatakan lokasi RSUD Malili sudah dipertimbangkan jarak ruang bebas horizontal dari tiang gawang tower Sutet yaitu 25 meter.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan April, Senin (14/10) mengatakana RSUD Malili akan ditempatkan di Desa Atue, dan penepatan itu sesuai hasil dari peninjauan.

"Kan sudah dilakukan uji kelayakan, dan tim Kabupaten yang dibentuk sudah meninjau langsung," ujarnya.

Selain itu, kata April, pembangunan RSUD Malili ini sejalan dengan visi misi Bupati Luwu Timur dalam bidang pelayanan masyarakat.

Dijelaskan April terkait anggaran yang digunakan, untuk tahapan Kegiatan Pembangunan RSUD Malili, yakni Fisibility Study Rp327 juta, pembebasan lahan Rp4,4 miliyar, dan master plan Rp455 juta.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook