alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hamzah Pangki Disebut Punya Modal Kuat di Pilkada Bulukumba 2020

Eky Hendrawan
Hamzah Pangki Disebut Punya Modal Kuat di Pilkada Bulukumba 2020
Andi Hamzah Pangki saat membagikan bantuan kepada warga korban kebakaran di Lingkungan Bansalayya, Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Legislator Golkar, Hamzah Pangki disebut punya modal yang cukup menjanjikan untuk bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Bulukumba 2020. Modal tersebut tak lain adalah perolehan suara saat menjadi kontestan pemilihan legislatig (Pileg).

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad menilai, kandidat calon Bupati yang pernah berkontestasi di Pileg punya modal sosial politik dari dukungan pemilihnya. Selama dikelola dengan baik, modal sosial politik tersebut akan sangat menjanjikan.

"Itu modal sosial politik yang menjanjikan jika dikelola secara baik. Meski bukan jaminan karena pemilih mudah berubah karena banyak faktor terutama ketokohan, program dan finansial tapi cukup kuat selama dirawat," katanya, Selasa (15/10/2019).



Data yang dihimpun SINDOnews, ada beberapa nama yang pernah menjadi kontestan Pileg yang punya niatan bertarung di Pilkada 2020 mendatang. Selain Hamzah Pangki, ada nama Askar, Tomy Satria Yulianto, serta Kahar Muslim.

Ketiga nama tadi juga pernah bersaing dengan Hamzah pangki di Pileg. Data dari KPU setempat, keempat nama tadi bersaing ketat untuk memperoleh suara di daerah pemilihan masing-masing.

Pada Pemilu 2009, Askar hanya memperoleh suara sebanyak 3.642. Dia dikalahkan oleh Hamzah Pangki yang juga berada di satu dapilnya (Gantarang-Kindang) dengan perolehan suara 3818. Begitupun dengan Kahar Muslim yang berhasil meraih 3675 melalui dapil yang berbeda.

Pada pemilu legislatif selanjutnya tahun 2014, Askar hanya memeroleh suara sebanyak 2609 suara. Dia dikalahkan oleh Hamzah Pangki yang juga berada di satu dapilnya dengan perolehan suara 2899. Begitupun dengan Tomy Satria Yulianto yang hanya meraih 1652 suara dan Kahar Muslim (2531 suara) di dapil berbeda.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook