alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PAN Prioritaskan Kader untuk Diusung di Pilkada Maros 2020

Najmi Limonu
PAN Prioritaskan Kader untuk Diusung di Pilkada Maros 2020
Partai PAN akan memprioritaskan kader internal untuk diusung di Pilkada Maros 2020. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

MAROS - Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Maros, Hatta Rahman, mengungkapkan langkah partainya membuka penjaringan Bakal Calon Bupati Maros merupakan bentuk keterbukaan partainya menghadapi pesta demokrasi. Kendati demikian, diakuinya PAN tetap akan memprioritaskan kader pada Pilkada Maros tahun depan.

"Seharusnya sih begitu (ada pendafataran/penjaringan bakal calon kepala daerah) biar lebih demokratis kan. Tapi memang kita akan lebih prioritaskan kader untuk maju. Sampai sekarang kan belum ada yang resmi kita usung," kata Hatta kepada SINDOnews, Selasa (15/10/2019).

Hatta menyebut proses politik jelang Pilkada ini masih sangat dinamis. Segala kemungkinan juga masih bisa terjadi dalam bursa pencalonan. Pihaknya juga masih akan menunggu perkembangan survei untuk menentukan sikap politik PAN.



"Pilkada ini masih lama, semua masih sangat dinamis. Segala kemungkinan masih bisa terjadi. Ya tentunya kita masih akan memantua perkembangan survei," lanjutnya.

Sikap ketua PAN Maros ini berbeda dengan ketua Tim Desk Pilkada PAN Sulsel, Muh Irfan AB, yang mengkhususkan PAN Maros hanya membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati Maros untuk kader PAN saja. Pasalnya, kader PAN dianggap masih mumpuni melanjutkan kepimpinan Hatta Rahman.

"Khusus PAN Maros, kami hanya membuka pendaftaran untuk kader saja. Karena pemetaan awal kami, kader internal ini masih sangat mumpuni. Sisa kita siapkan formulasi pemenangannya saja," kata Irfan.

Sebelumnya, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan itu mempertemukan dua Balon Bupati Maros dari kader PAN, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari bersama ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi. Pertemuan itu dilakukan untuk menjajaki kemungkinan terbaik bagi kader PAN yang akan bertarung di Pilkada 2020.

"Munculnya sejumlah kader PAN yang kemungkinan akan bertarung pada Pilkada 2020 menunjukkan bahwa PAN berhasil mempersiapkan kader-kadernya sebagai calon pemimpin daerah di masa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Chadir Syam dan Suhartina Bohari yang digadang-gadang akan dipaketkan sebagai pasangan calon mengaku telah menyerahkan seluruh keputusan pada DPW PAN Sulsel. Bagi mereka, yang terbaik bagi partai, itulah yang diikuti. Toh keduanya yakin PAN pasti berfikir yang terbaik untuk rakyat Maros.

"Kami serahkan semua ke DPW (PAN Sulsel) mana yang terbaik. Jelasnya, kami siap apapun itu yang menjadi keputusan. Kami yakin, pimpinan kami di DPW ini ingin melihat Maros lebih baik dan lebih sejahtera ke depan di bawa kepemimpinan kader PAN," ungkap Chaidir Syam .

Diketahui, meski menjadi pemilik suara terbanyak saat Pemilu lalu, PAN hanya mampu memperoleh 6 kursi di DPRD Maros. Olehnya, untuk mengusung kandidat di Pilkada, PAN wajib memperoleh minimal satu kursi dari partai lain dalam syarat dukungan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook