Begini 6 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit

Rabu, 10 Februari 2021 - 09:20 WIB
loading...
Begini 6 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit
Mengonsumsi buah alupkat bisa meningkatkan kesehatan kulit. Foto: Ilustrasi/Stevepb/Pixabay
A A A
MAKASSAR - Tak hanya memiliki rasa yang enak, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, antara lain vitamin A , B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), C, dan E. Tak hanya itu, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam buah ini bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Beirkut manfaat alpukat untuk kesehatan kulit seperti dilansir dari Healthline.

1. Menenangkan kondisi kulit
Menurut Maya Ivanjesku, Kepala Ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare, lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat. Selain itu, nutrisi yang sama ini dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit.

2. Mencegah kerusakan kulit
Penelitian menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari. Kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit Anda dapat menyebabkan keriput, juga tanda-tanda penuaan lainnya, dan kanker kulit. Selain itu, alpukat memainkan peran penting dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan matahari dan faktor lingkungan lainnya.



3. Meningkatkan elastisitas kulit
Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat , bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

4. Mengurangi jerawat
Peneliti mengatakan, jika memiliki kulit yang rentan berjerawat, membersihkan wajah dengan minyak alpukat dapat membantu mengurangi munculnya jerawat. Ini karena sifat antimikroba dalam minyak alpukat . Selain itu, menunjukkan bahwa menggunakan minyak alpukat sebagai pembersih dapat membantu kulit Anda terasa lebih kenyal dan lembap.

5. Meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan
Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, coba minyak alpukat pada kulit. Pada minyak alpukat yang diperas dingin memiliki banyak antioksidan, sterol nabati, omega-9, mineral, dan vitamin, termasuk vitamin C dan E. Bersama-sama nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan, dan menghilangkan kulit tua.

6. Mencegah kulit kering
Alpukat adalah sumber biotin yang bagus, dan merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Biotin diketahui membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Ini juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)