Pemkab Bulukumba Sandingkan Dua Penghargaan dari BPKP

Rabu, 10 Februari 2021 - 13:23 WIB
loading...
Pemkab Bulukumba Sandingkan Dua Penghargaan dari BPKP
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali saat menerima dua penghargaan dari BPKP Perwakilan Sulsel. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba , menerima dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan.

Kedua penghargaan yang diraih yakni penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penghargaan Maturitas SPIP dan APIP diserahkan langsung Kepala perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap kepada Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali didampingi Pj Sekretaris Daerah Misbawati A Wawo, Inspektur Kabupaten Andi Sri Arianti, di Kantor BPKP Perwakilan Sulawesi Selatan di Makassar.



Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri, Arman Sahri menyampaikan belum banyak (Pemda) yang menyandingkan dua capaian penghargaan ini sekaligus. Hanya beberapa saja termasuk Kabupaten Bulukumba .

Dikatakannya, ini adalah model awal untuk Bulukumba, agar bisa meningkatkan kualitas SPIP-nya. Waktu penilaian sampelnya di 13 OPD sehingga diharapkan OPD tersebut menjadi contoh bagi OPD lain, dan secara keseluruhan tingkat maturitas Pemerintah Daerah bisa lebih tinggi.

“Level 3 itu masih medium, level tertinggi ada di level 5. Jangan puas sampai situ saja, harus lebih luas dan tingkatkan,” pintanya.

Untuk diketahui maturitas sistem pengendalian intern secara sederhana diartikan sebagai ukuran kualitas dari sistem pengendalian intern pada suatu organisasi.

Semakin tinggi maturitasnya semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern organisasi itu. Maturitas sendiri berasal dari kata maturity yang terjemahannya adalah kematangan atau kedewasaan.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih atas pendampingan BPKP atas capaian Bulukumba bisa berada pada level 3. Hal ini hasil dari upaya bersama jajaran Pemda melaksanakan Maturitas penyelenggaraan SPIP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)