Pemkab Lutra Kebut Pembangunan Huntap untuk Korban Bencana

Kamis, 11 Februari 2021 - 13:18 WIB
loading...
Pemkab Lutra Kebut Pembangunan Huntap untuk Korban Bencana
Suasana rapat koordinasi terkait pembangunan Huntap untuk korban banjir bandang di Luwu Utara. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra), terus menggenjot pemenuhan kebutuhan hunian tetap (huntap) bagi korban bencana banjir bandang yang telah kehilangan tempat tinggal.

Terlebih masih ada ribuan korban bencana yang telah kehilangan tempat tinggal pascakejadian 13 Juli 2020 lalu, meski saat ini sudah ada 50 huntap yang diserahkan ke warga setelah berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel.

Untuk tahun ini, Pemkab Luwu Utara kembali mengupayakan ribuan huntap, di antaranya 200 unit dari Pemprov Sulsel, yang dibangun di Baebunta 100 unit dan Masamba 100 unit. Bantuan yang sama juga datang dari Yayasan Kalla 4 unit, dan sejumlah yayasan lain 72 unit. Bantuan dari Kementerian PUPR 165 unit, dan serta dari BNPB 1.008 unit.

Baca Juga: 50 Huntap Korban Bencana di Luwu Utara

Sudah Berpenghuni Namun, rencana pemerintah ini tidak akan berjalan lancar jika tidak ada dukungan penuh dari masyarakat Luwu Utara, termasuk pengadaan lahan itu sendiri. Nah, untuk mempercepat kelancaran proses pengadaan lahan, Pemkab Luwu Utara membentuk Tim Percepatan Pengadaan Lahan yang tugas utamanya mempercepat proses pengadaan lahan.

Tim ini kemudian langsung bergerak dan menggelar Rapat Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Pengadaan Lahan Hunian Tetap, Rabu (10/2/2021). Rapat ini dipimpin Sekda Armiadi, dan dihadiri Forkopimda, Kalaksa BPBD, Perangkat Daerah terkait, termasuk ATR/BPN.

Hadir pula Camat Masamba, Baebunta, Baebunta Selatan dan Mappedeceng. Kepala Laksana BPBD, Muslim Muhtar, menyebutkan, rapat teknis dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran proses penyelenggaraan pengadaan lahan huntap .

“Rapat ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan hunian tetap bagi warga korban bencana banjir bandang,” kata Muslim, usai rapat.

Muslim mengatakan, apa yang dilakukan itu sebagai wujud komitmen, perhatian dan kepedulian Pemkab Luwu Utara untuk mempercepat pemenuhan hunian tetap kepada korban banjir bandang.

“Ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemda Luwu Utara kepada para korban banjir bandang untuk segera mendapatkan stimulan huntap,” tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)