alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Selayar Berguru Pengentasan Kemiskinan di Parepare

Darwiaty Dalle
Selayar Berguru Pengentasan Kemiskinan di Parepare
Dipilihnya Parepare, karena kota Habibie tersebut menempati posisi ketiga terbaik di Sulsel dalam menurunkan angka kemiskinan. Ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel tahun 2018. Foto : SINDOnews/Doc

PAREPARE - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Selayar melakukan benchmarking terkait program penanggulangan kemiskinan di Kota Parepare.

Dipilihnya Parepare, karena kota Habibie tersebut menempati posisi ketiga terbaik di Sulsel dalam menurunkan angka kemiskinan. Ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel tahun 2018.

Kabid SDM dan Sosbud Bappeda Parepare Andi Ardian mewakili Kepala Bappeda selaku Sekretaris TKPKD yang menerima rombongan mengatakan, Selayar berguru untuk mengetahui strategi bagaimana menurunkan angka kemiskinan di Kota Parepare.



"Selayar datang berguru karena berdasarkan data angka kemiskinan yang dilansir BPS tahun 2018, Parepare merupakan daerah ketiga terendah angka kemiskinannya di Provinsi Sulsel, setelah Sidrap dan Makassar," ungkap Andi.

Andi Ardian mengemukakan, dalam tiga tahun terakhir angka kemiskinan Parepare terus menurun dengan nilai persentase pada tahun 2016 sebesar 5,73%, tahun 2017 berkisar diangka 5,70% dan tahun 2018 lalu menurun di angka 5,59%.

Sementara Anggota TKPKD Parepare Nirmalasari Haya menjelaskan, strategi yang dilakukan Pemkot Parepare dalam upaya pengentasan kemiskinan, dengan mengedepankan tiga pendekatan (3P) yaitu pendekatan data, pendekatan program, dan pendekatan koordinasi.

"Pendekatan data itu bahwa usulan penerima program bantuan program penanganan fakir miskin berdasarkan basis data terpadu (BDT). Secara periodik, dalam dua kali setahun BDT akan diupdating melalui mekanisme verifikasi dan validasi data," papar Nirmalasari.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook