alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Anggaran Rehabilitasi GOR Mattoanging Sentuh Angka Rp200 Miliar

Syachrul Arsyad
Anggaran Rehabilitasi GOR Mattoanging Sentuh Angka Rp200 Miliar
Rehabilitasi Gelanggang Olahraga (GOR) Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, akan dilakukan setelah penyerahan hak kelola dikembalikan ke pemerintah. Foto : SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Rehabilitasi Gelanggang Olahraga (GOR) Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, akan dilakukan setelah penyerahan hak kelola dikembalikan ke pemerintah.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah. Kata Nurdin sebagai langkah awal, tahun ini Pemprov Sulsel bakal membuat pagar keliling di kawasan stadion tersebut.

“Jadi tahap kedua kita mau pagari keliling. Tahun ini akan kita pagari, baru kita kunci,” kata Nurdin yang ditemui di rumah jabatan gubernur Sulsel, Makassar, kemarin.



Disinggung soal masih adanya pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) yang berkantor di kawasan stadion, Nurdin tidak ingin ambil pusing. Menurut dia, fokusnya saat ini tinggal melakukan perbaikan dan pembangunan baru.

"Pelan-pelan, lah. Yang penting disana akan kita rehab. Kita sudah bahas. Pada akhirnya dia (YOSS) akan merasa terganggu kalau sudah mulai ada aktivitas," imbuh Nurdin.

Proses pemagaran keliling sekaligus akan menampilkan gambar desain pembangunan stadion sebagai kawasan sport center. “Proses rehab nanti, dipagarnya kita beri gambarnya stadion baru. Jadi nanti tidak hanya dipagar, tapi langsung kita kasi gambarannya seperti apa nanti stadion Mattoanging itu, termasuk sport center, kolam renang, GOR-nya," ujar dia.

Mantan bupati Bantaeng ini berhitung, rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta Mattoangin memakan anggaran sekitar Rp200 miliar yang akan dialokasikan di APBD Sulsel 2020. Diharapkan tahun depan juga sudah bisa difungsionalkan.

"Kita harap sih selesai tahun 2020. Paling lambat 2021 penyempurnaan. Itu kalau sudah selesai, tanpa pagar nanti. Ngapain mau pagar, orang silakan berolahraga, kan. Tinggal tempat parkirnya harus dibangun," ujarnya.

Nurdin menuturkan, pembangunan kawasan sport center di kawasan itu akan menggandeng kontraktor berkompeten dan profesional. Desainnya juga masih sementara disiapkan. Audit fisik terhadap stadion juga bakal dilakukan, khususnya tribun penonton.

Diketahui, rencana renovasi kawasan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging akan disusul dengan rencana penempatan kantor Pemprov Sulsel dalam hal ini melalui UPT di bawah pengelolaan dinas pemuda dan olahraga (dispora) Sulsel. Hanya saja, masih menunggu sampai YOSS sudah keluar dari kawasan tersebut.

Kepala Dispora Sulsel, Sri Endang Sukarsih mengaku, penempatan kantor ini di kawasan itu sebagai tahap awal untuk mempersiapkan pemanfaatan GOR, termasuk stadion. Apalagi saat ini wewenang pengelolaan stadion termasuk beberapa venue di dalamnya menjadi penanganan unit pelaksana teknis (UPT) di bawah dispora.

"Kita kan masih persiapan. Makanya kita mau lihat sikon (situasi dan kondisi, Red) dulu. Karena kita belum tahu ini keadaan. Nanti dipantau. Kalau masih dipersiapkan, berarti kita mau observasi dulu untuk persiapan kantor disana," tukas Endang.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook