alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Simulasi Perubahan Jalan Penghibur, Penumpukan Terjadi di Titik Ini

Vivi Riski Indriani
Simulasi Perubahan Jalan Penghibur, Penumpukan Terjadi di Titik Ini
Terjadi penumpukan kendaraan di Jalan Haji Bau saat simulasi perubahan alur Jalan Penghibur Makassar. Foto : SINDOnews/Vivi Riski Indriani

MAKASSAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar mulai melakukan simulasi atas rencana perubahan jalur di Jalan Penghibur dan sekitarnya, Sabtu (19/10/2019).

Berdasarkan pantauan SINDOnews di lapangan, ada beberapa ruas jalan yang berubah arah. Seperti, Jalan Penghibur yang sebelumnya dari utara ke selatan kini berbalik dari selatan ke utara, begitu juga dengan Jalan Somba Opu.

Sedangkan Jalan Lamadukelleng dari selatan ke utara kini berbalik dari utara ke selatan. Adapun, Jalan Haji Bau sebelumnya dari barat ke timur kini berbalik dari timur ke barat, begitu juga dengan beberapa jalan tersier di sekitaran kawasan Losari.



Atas perubahan jalur yang dilakukan, terlihat masih terjadi tumpukan kendaraan di sejumlah titik, seperi Jalan Haji Bau dan jalan masuk menuju Jalan Somba Opu. Bahkan, penumpukan terparah ada di Jalan Haji Bau akibat buangan kendaraan dari Jalan Lamadukkeleng.

"Penumpukan memang masih terjadi di titik itu karena pulau jalan yang ada di perisimpangan Jalan Penghibur dan Jalan Haji Bau sementara dikikis oleh Dinas Pekerjaan Umum," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Mario Said.

Dia menyebutkan penerapan jalur baru ini akan diuji coba selama seminggu kedepan. Jika dinilai lebih efektif maka besar kemungkinan jalur baru akan diberlakukan.

"Kita coba sampai seminggu kedepan, kita lihat situasi di lapangan dulu mana yang lebih efektif," ungkapnya.

Diketahui, Jalan Penghibur dan sekitarnya resmi berubah dari arah utara ke selatan sejak Oktober 2018 lalu. Namun, selama setahun pelaksanaan jalur ini dinilai belum cukup efektif untuk mengurai kemacetan sehingga di ubah ke posisi awal dengan harapan adanya pulau jalan yang dibangun mampu meminimalisir kemacetan di titik rawan seperti Jalan Penghibur dan Jalan Haji Bau.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook