alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembangunan SDM jadi Prioritas Jokowi 5 Tahun ke Depan

Abdul Rochim
Pembangunan SDM jadi Prioritas Jokowi 5 Tahun ke Depan
Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming sesaat sebelum menghadiri pelantikan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: SINDOnews/Doc

JAKARTA - Joko Widodo-Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 usai dilantik di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dalam pidato perdananya sebagai Presiden, Jokowi menekankan ada lima program yang akan dilakukan pada lima tahun ke depan. Hal pertama yaitu prioritas pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"SDM akan menjadi prioritas utama kita, membangun SDM yang pekerja keras, yang dinamis. Membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengundang talenta-talenta global bekerja sama dengan kita,” tuturnya.



Namun, dalam mewujudkan pembangunan SDM, cara yang dilakukan tidak bisa diraih dengan cara-cara lama, namun harus cara-cara baru harus dikembangkan.

"Kita perlu endowment fund (dana abadi) yang besar untuk manajemen SDM kita. Kerja sama dengan industri juga penting dioptimalkan. Dan juga penggunaan teknologi yang mempermudah jangkauan ke seluruh pelosok negeri," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga menekankan jika pemerintahannya bersama Ma'ruf juga akan fokus pada pembangunan infrastrukur. Persis seperti apa yang ia lakukan selama lima periode sebelumnya bersama Jusuf Kalla.

"Pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan, infrastruktur yang mendongkrak perekonomian," tegas Jokowi.

Jokowi juga menegaskan akan mempermudah regulasi, khususnya dalam hal usaha. Dalam pidatonya, Jokowi memastikan akan mengajak DPR untuk menciptakan UU cipta lapangan kerja dan UU UMKM.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook